• Sabtu, 27 November 2021

Peringatan Nabi! Suami Tipe Seperti Ini Bisa Mendorong Istri untuk Berselingkuh

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 11:21 WIB
Ilustrasi suami istri. (Istimewa)
Ilustrasi suami istri. (Istimewa)

INILAHKORAN, Bandung- Banyak faktor yang membuat seorang istri berselingkuh atau mengkhianati hubungannya dengan suami. Dan ternyata, salah satu faktornya ada dalam diri suami. Apa?

Ternyata, seorang suami yang tidak memiliki rasa cemburu akan mendorong sang istri untuk berselingkuh. Dalam islam, suami yang tidak memiliki rasa cemburu itu disebut dayuts.

Dikutip dari artikel Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal di rumaysho.com, suami bertipe semacam ini adalah suami yang tercela sebagaimana disebutkan dalam hadits yaitu hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma dengan sanad marfu’ –sampai pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam-, di mana beliau bersabda,

Baca Juga: TEGAS! Para Penggoda Suami atau Istri Orang Takkan Mendapat Pengakuan dari Rasulullah

ثَلاَثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْعَاقُّ وَالْدَّيُّوثُ الَّذِى يُقِرُّ فِى أَهْلِهِ الْخُبْثَ

“Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya.” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain)

Adapun maksud ad dayyuts sebagaimana disebutkan dalam Al Mu’jam Al Wasith adalah para lelaki yang menjadi pemimpin untuk keluarganya dan ia tidak punya rasa cemburu dan tidak punya rasa malu.

Yang dimaksud tidak punya rasa cemburu dari suami adalah membiarkan keluarganya bermaksiat tanpa mau mengingatkan. Bentuknya pada masa sekarang adalah:

Baca Juga: Awas! Ini Ancaman Rasulullah untuk Mereka yang Hobi Merayu Istri Orang

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Amalan-amalan Penghapus Dosa di Hari Jumat

Jumat, 26 November 2021 | 04:45 WIB

Kisah Indah Pemuda yang Berbulan Madu dengan Bidadari

Selasa, 16 November 2021 | 10:00 WIB
X