• Sabtu, 27 November 2021

Doa Khusus dari Nabi, Agar Rezeki Halal Mengalir Deras

- Senin, 11 Oktober 2021 | 09:14 WIB
Ilustrasi berdoa dalam islam. (Shutterstock)
Ilustrasi berdoa dalam islam. (Shutterstock)

INILAHKORAN- Diantara sekian banyak doa yang diajarkan Rasulullah, ada satu yang memang khusus untuk meminta rezeki halal. Berikut bacaannya:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

"Allahumak-finii bi halaalika an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika amman siwaak"

Artinya: Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu (HR. Tirmidzi no. 3563, hasan menurut At Tirmidzi, begitu pula hasan kata Syaikh Al Albani).

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal dalam artikelnya di rumaysho.com memaparkan, dalam hadis diperintahkan untuk mencari rezeki dengan cara yang halal, jangan dengan bermaksiat atau menghalalkan segala cara. Karena ada yang putus asa dari rezeki hingga menempuh pekerjaan yang haram.

Baca Juga: Yang Rasul Ajarkan Agar Doa Cepat Terkabul, Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Wahai umat manusia, bertakwalah engkau kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki, karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba akan mati, hingga ia benar-benar telah mengenyam seluruh rezekinya, walaupun terlambat datangnya. Maka bertakwalah kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki. Tempuhlah jalan-jalan mencari rezeki yang halal dan tinggalkan yang haram." (HR. Ibnu Majah no. 2144. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini sahih).

Jika cara yang ditempuh adalah cara yang halal, tentu akan berpengaruh pada ampuhnya doa. Jika sebaliknya, yang ditempuh adalah cara yang tidak halal, lihat saja bagaimana pengaruhnya.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Amalan-amalan Penghapus Dosa di Hari Jumat

Jumat, 26 November 2021 | 04:45 WIB

Kisah Indah Pemuda yang Berbulan Madu dengan Bidadari

Selasa, 16 November 2021 | 10:00 WIB
X