• Sabtu, 27 November 2021

Awas! Inilah 5 Jenis Gangguan Setan Ketika Kita Salat

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:33 WIB
TIDAK khusyuk bukan penyebab batalnya salat. Khusyuk bukan rukun salat. Memikirkan hal duniawi dalam salat selama tidak berdampak secara gerakan dan bacaan dalam salat, termasuk kategori yang bisa terjadi, namun sebaiknya dihilangkan.
TIDAK khusyuk bukan penyebab batalnya salat. Khusyuk bukan rukun salat. Memikirkan hal duniawi dalam salat selama tidak berdampak secara gerakan dan bacaan dalam salat, termasuk kategori yang bisa terjadi, namun sebaiknya dihilangkan.

SETAN akan menggoda dan mengganggu kita, termasuk dalam salat. Setidaknya, ada 5 jenis gangguan setan ketika kita menunaikan ibadah mulia itu. Apa saja?

1. Was-Was Semasa Takbiratul Ihram

Saat mulai membaca takbiratul ihram "Allahu Akbar", ia ragu apakah takbir yang dilakukannya itu sudah sah atau belum sah. Sehingga ada yang mengulanginya lagi dengan membaca takbir. Peristiwa itu terus menerus terulang, terkadang sampai imamnya hampir rukuk. Ibnul Qayyim berkata, "Termasuk tipu daya setan yang banyak menggangu mereka adalah was-was dalam ber-suci (berwudu) dan niat atau semasa takbiratul ihram dalam salat".

Baca Juga: MUI Imbau Umat Muslim Rapatkan Shaf Kembali Saat Salat Berjamaah, Ini Syaratnya

2. Tidak Khusyuk Ketika Membaca Bacaan dalam Salat

Sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yaitu Utsman bin Abil Ash datang kepada Rasulullah dan mengadu, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya setan telah hadir dalam salatku dan membuat bacaanku salah". Rasulullah menjawab, "Itulah setan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah Ta'ala. Aku pun melakukan hal itu dan Allah menghilangkan gangguan itu dariku". (HR. Muslim)

3. Lupa Jumlah Rakaat yang Telah Dikerjakan

Abu Hurairah berkata, "Sesungguhnya Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam telah bersabda, "Jika salah seorang dari kalian salat, setan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah lakukan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) semasa masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam". (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Mau Hidup Tenang tanpa Utang, Baca Doa Ini, Diajarkan Nabi di Akhir Salat

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Amalan-amalan Penghapus Dosa di Hari Jumat

Jumat, 26 November 2021 | 04:45 WIB

Kisah Indah Pemuda yang Berbulan Madu dengan Bidadari

Selasa, 16 November 2021 | 10:00 WIB
X