• Kamis, 28 Oktober 2021

Dahsyat! Keutamaan Membaca Alquran Meski Tak Paham Artinya

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:15 WIB
SYAIKH Abdul Aziz bin Baz mengatakan, di antara prasyarat yang mengantarkan pada akhlak Islami adalah memperbanyak membaca AlQuran serta men-tadabburi maknanya.
SYAIKH Abdul Aziz bin Baz mengatakan, di antara prasyarat yang mengantarkan pada akhlak Islami adalah memperbanyak membaca AlQuran serta men-tadabburi maknanya.

INILAHKORAN, Bandung- Membaca Alquran meskipun tak paham makanya tetap mendapatkan pahala yang begitu besar.

Ustaz Ahmad Sarwat Lc menegaskan keutamaan membaca Alquran meskipun tak paham artinya, melalui poin-poin berikut:

Orang yang Baca Alquran dengan Yang Tidak Baca Berbeda

Salah satu nash hadis secara tegas membandingkan orang yang membaca Alquran dengan yang tidak membaca Alquran. Dari Abu Musa Al-Asy`arit berkata, Rasulullah bersabda, 

"Perumpamaan orang mukmin yang membaca Alquran bagaikan buah limau baunya harum dan rasanya lezat. Dan perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Alquran bagaikan kurma, rasanya lezat dan tidak berbau. Dan perumpamaan orang munafik yang membaca Alquran bagaikan buah raihanah yang baunya harum dan rasanya pahit, dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Alquran bagaikan buah hanzholah tidak berbau dan rasanya pahit." (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: 12 Tipe Hati yang Sakit Menurut Alquran

Dari hadis ini jelas sekali bahwa sekedar membaca Alquran atau tidak membaca sudah membedakan kedudukan seseorang. Berarti ada nilai tersendiri untuk sekedar membaca Alquran.

Bersama Malaikat

Hadis ini juga sangat eksplisit menyebutkan tentang orang yang membaca Alquran, yaitu dijanjikan Allah akan di tempat bersama dengan para malaikat. Dari `Aisyah Radhiyallahu `Anha berkata, Rasulullah bersabda, 

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Makna Asmaul Husna Al Haasib, Penjelasan dari Aa Gym

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:00 WIB
X