• Kamis, 28 Oktober 2021

Ternyata Benar, Harta Haram itu Dijamin Habisnya Nggak Jelas

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:28 WIB
Harta haram diyakini takkan mengundang keberkahan. (Ilustrasi/Net)
Harta haram diyakini takkan mengundang keberkahan. (Ilustrasi/Net)

INILAHKORAN, Bandung- Biasanya harta yang didapat melalui cara-cara haram tidak akan mendatangkan keberkahan. Misal, harta dari hasil mencuri, riba, atau korupsi.

Dikutip muslim.or.id, banyak orang yang di masa lalu tak peduli dengan cara mendapatkan rezeki. Hukum halal-haram dilabrak. Alhasil, mereka kemudian bertaubat dan mengatakan,

"Dulu harta saya banyak, tapi cepat juga habisnya entah ke mana, tanpa saya sadari. Siang-malam saya lembur mencari harta yang banyak, tapi harta itu lenyap dengan cepat. Yang paling miris, saya tidak bahagia dengan harta tersebut. Sekarang setelah hijrah, saya mencari harta yang halal, harta saya cukup untuk hidup dan saya merasakan kebahagiaan."

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata,

Baca Juga: Yuk Cek Lagi! Empat Hal Ini Bikin Rezeki Kita Seret

"Harta halal yang sedikit diberkahi daripada harta haram yang banyak. Harta haram ini cepat hilangnya dan Allah hancurkan." (Majmu Fatawa, 28: 646)

Ustaz Rahaenul Bahraen menjelaskan, hendaknya ini menjadi perhatian kita semua, terutama di zaman ini, zaman yang sudah mendekati akhir zaman di mana orang-orang mulai tidak peduli dengan halal dan haramnya harta yang dia dapatkan. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alahi wa sallam,

Baca Juga: Rezeki Seret? Ustaz Syafik Riza Basalamah Bagikan Solusinya Hanya dengan Amalan-amalan Ini

"Akan datang suatu masa pada umat manusia, mereka tidak lagi peduli dengan cara untuk mendapatkan harta, apakah melalui cara yang halal ataukah dengan cara yang haram". (HR. Bukhari)

Halaman:

Editor: Bsafaat

Sumber: muslim.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Makna Asmaul Husna Al Haasib, Penjelasan dari Aa Gym

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:00 WIB
X