• Kamis, 28 Oktober 2021

Menghidupkan Sunnah Indah Pasutri dengan Saling Memberi Hadiah, Syaratnya Harus Ikhlas

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:18 WIB
Ilustrasi pasangan suami istri yang baru menikah. (Inilahkoran/Net)
Ilustrasi pasangan suami istri yang baru menikah. (Inilahkoran/Net)

INILAHKORAN, Bandung- Untuk para suami ataupun istri, eratkanlah rumah tangga dengan 'kejutan-kejutan' yang menyenangkan. Tak ada ruginya memuliakan pasangan hidup. Berilah hadiah, karena suri tauladan kita Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melakukannya.

 "Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai" (HR Al-Bukhari).

Dalam riwayat yang lain, dari Ummu Kaltsum binti Abu Salamah, ia berkata, "Ketika Nabi SAW menikah dengan Ummu Salamah, beliau bersabda kepadanya, Sesungguhnya aku pernah hendak memberi hadiah kepada Raja Najasyi sebuah pakaian berenda dan beberapa botol minyak kasturi, namun aku mengetahui ternyata Raja Najasyi telah meninggal dunia dan aku mengira hadiah itu akan dikembalikan. Jika hadiah itu memang dikembalikan kepadaku, aku akan memberikannya kepadamu."

Baca Juga: Inilah 2 Kunci Kebahagiaan Rumah Tangga Menurut Aa Gym, Wajib Paham!

Ia (Ummu Kultsum) berkata, "Ternyata keadaan Raja Najasyi seperti yang disabdakan Rasulullah SAW, dan hadiah tersebut dikembalikan kepada beliau, lalu beliau memberikan kepada masing-masing istrinya satu botol minyak kasturi, sedang sisa minyak kasturi dan pakaian tersebut beliau berikan kepada Ummu Salamah." (HR Ahmad).

Hadiah Istri kepada Suami

Lalu, coba lihat yang dibicarakan tentang mas kawin dalam ayat berikut.

Baca Juga: Air Mani Perempuan, Bagaimana Ciri-cirinya dalam Islam?

“Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” (QS. An-Nisaa’: 4).

Halaman:

Editor: Bsafaat

Sumber: rumaysho.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Makna Asmaul Husna Al Haasib, Penjelasan dari Aa Gym

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:00 WIB
X