• Kamis, 28 Oktober 2021

Biar Tidak Tertukar, Inilah Waktu yang Tepat Ucapkan Subhanallah dan Masya Allah

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:23 WIB
SUDAHKAH kita mengucapkan Subhanallah ataupun Masya Allah pada waktu dan situasi yang tepat? Jangan-jangan tertukar? (Ilustrasi/Net)
SUDAHKAH kita mengucapkan Subhanallah ataupun Masya Allah pada waktu dan situasi yang tepat? Jangan-jangan tertukar? (Ilustrasi/Net)

INILAHKORAN, Bandung- Sudahkah kita mengucapkan Subhanallah ataupun Masya Allah pada waktu dan situasi yang tepat? Jangan-jangan tertukar?

Mari simak penjelasan dari Ustaz Ammi nur Baits dikutip dari konsultasisyariah.com:

MasyaAllah dan Doa Keberkahan

Allah berfirman di surat al-Kahfi, “Mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu “maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).” (QS. al-Kahfi: 39).

Ayat ini dijadikan dalil sebagian ulama terkait kapan kita diajurkan mengucapkan masyaaAllah. Dalam ayat ini, orang mukmin menasehatkan kepada temannya pemilik kebun yang kafir, agar ketika masuk kebunnya dia mengucapkan, “maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah” sehingga kebunnya tidak tertimpa hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Sifat Pelit itu Penyakit! Yuk Obati dengan Doa Shahih dari Nabi Ini

Ketika menjelaskan ayat ini, Imam Ibnu Utsaimin mengatakan,

"Selayaknya bagi seseorang, ketika dia merasa kagum dengan hartanya, agar dia mengucapkan, “maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah” sehingga dia kembalikan segala urusannya kepada Allah, bukan kepada kemampuannya. Dan terdapat riwayat, bahwa orang yang membaca itu ketika merasa heran dengan apa yang dimilikinya, maka dia tidak akan melihat sesuatu yang tidak dia sukai menimpa hartanya. (Tafsir Surat al-Kahfi, ayat: 39).

Disamping bacaan di atas, ketika kita melihat sesuatu yang mengagumkan dimiliki oleh orang lain, kita dianjurkan untuk mendoakan keberkahan untuknya. Misalnya dengan mengusapkan, Baarakallahu laka fiih, semoga Allah memberkahi anda dengan apa yang anda miliki.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Makna Asmaul Husna Al Haasib, Penjelasan dari Aa Gym

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:00 WIB
X