• Minggu, 5 Desember 2021

Pelajaran dari Kisah Nabi: Ketika Sahabat Mengadu karena Harga Sembako Melambung Tinggi

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:01 WIB
Rasulullah pernah merespons aduan seorang sahabat terkait melambungnya harga sembako. (Ilustrasi/Net)
Rasulullah pernah merespons aduan seorang sahabat terkait melambungnya harga sembako. (Ilustrasi/Net)

 

INILAHKORAN, Bandung- Kenaikan harga sembako jadi hal yang sering kita dapati dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi di momen-momen tertentu seperti awal dan akhir bulan Ramadhan. Tengok bagaimana luar biasanya Rasulullah merespons permasalahan ini.

Dikutip konsultasisyariah.com, fenomena kenaikan harga barang bahkan pernah terjadi di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Disebutkan dalam riwayat bahwa di zaman sahabat pernah terjadi kenaikan harga. Mereka pun mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menyampaikan masalahnya. Mereka mengatakan,

Baca Juga: Air Mani Perempuan, Bagaimana Ciri-cirinya dalam Islam?

“Wahai Rasulullah, harga-harga barang banyak yang naik, maka tetapkan keputusan yang mengatur harga barang.”

Mendengar aduan ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

“Sesungguhnya Allah adalah Dzat yang menetapkan harga, yang menyempitkan dan melapangkan rezeki, Sang Pemberi rezeki. Sementara aku berharap bisa berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada seorang pun dari kalian yang menuntutku disebabkan kezalimanku dalam urusan darah maupun harta.” (HR. Ahmad 12591, Abu Daud 3451, Turmudzi 1314, Ibnu Majah 2200, dan dishahihkan Al-Albani).

Baca Juga: Bukan Kemiskinan yang Ditakutkan Rasulullah dari Kita, Ternyata...

Begitu dahsyatnya pelajaran tauhid yang ditanamkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kepada para sahabatnya. Beliau menanamkannya melalui berbagai cara di berbagai momentum, salah satunya ketika harga pangan naik.

Rasulullah mengingatkan kita, bahwa apapun yang terjadi pasti atas kehendak Allah Ta'ala. Apalagi soal rezeki. Allah Ta'ala telah menjaminnya. Rezeki kita takkan berkurang hanya karena arga bahan pokok merangkak naik.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Amalan-amalan Penghapus Dosa di Hari Jumat

Jumat, 26 November 2021 | 04:45 WIB
X