• Minggu, 5 Desember 2021

Makna Asmaul Husna Al Haasib, Penjelasan dari Aa Gym

- Senin, 25 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Salah satu asma Allah Swt. adalah Al Haasib, Allah Yang Maha Menghitung. Allah Swt. sangat cermat penghitungan-Nya. (Ilustrasi/Net)
Salah satu asma Allah Swt. adalah Al Haasib, Allah Yang Maha Menghitung. Allah Swt. sangat cermat penghitungan-Nya. (Ilustrasi/Net)

INILAHKORAN, Bandung- Salah satu asma Allah Swt. adalah Al Haasib, Allah Yang Maha Menghitung. Allah Swt. sangat cermat penghitungan-Nya.

Allah ciptakan bumi dan semua bintang-bintang dengan penghitungan yang cermat sehingga semua beredar teratur tanpa meleset sedikitpun. Allah juga sangat cermat penghitungannya sehingga seluruh makhluk di alam semesta ini mendapatkan segala yang dibutuhkannya. Oksigen tercukupi, tempat hidup tercukupi. Alhamdulillah.

Demikian juga Allah sangat cermat penghitungan-Nya dalam menghitung amal-amal kita, tidak ada yang terlewat sedikitpun sekecil apapun. Allah Swt. berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah [99] : 7-8)

Di akhirat kelak akan ada sebuah pengadilan, ada timbangan yang sangat adil dan presisi yang akan menimbang seluruh amal perbuatan kita selama hidup di dunia, amal baik maupun alam buruk.

Baca Juga: Miris, 106.780 Jiwa Warga Karawang Masuk Kategori Miskin Esktrem

Suatu ketika di sebuah toko swalayan, sebuah kamera CCTV tersembunyi merekam sebuah peristiwa pencurian. Ketika pencuri itu ditangkap, dia berkelit tidak mengakuinya. Namun, oleh petugas keamanan ia dibawa ke sebuah ruangan tempat komputer berada, kemudian diperlihatkan kepada rekaman perbuatannya, sehingga dia tidak bisa mengelak dan dia pun mengakuinya.

Hidup kita pun demikian. Setiap perkataan, perbuatan bahkan niat kita ini terekam dan akan diperlihatkan kepada kita kelak di pengadilan Allah Swt. Mungkin orang lain tidak tahu keburukan kita, tapi Allah Maha Mengetahui. Mungkin juga orang lain tidak tahu pada amal kebaikan yang kita lakukan diam-diam, namun Allah Maha Mengetahui dan pasti akan memberikan ganjarannya.

Allah Maha Menghitung. Allah telah siapkan malaikat pencatat amal perbuatan kita. Dan, kelak di akhirat Allah akan berikan kesempatan pada tangan dan kaki kita untuk bersaksi tentang apa saja yang telah ia lakukan dan kemana saja ia telah berjalan. Semua akan berkata jujur, tak ada satupun yang dirahasiakan. Dan, setiap perbuatan itu akan mendapatkan balasannya dengan sangat adil.

Baca Juga: Bappeda Karawang: Kemiskinan Ekstrem Tersebar di Pedesaan dan Pertanian

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Amalan-amalan Penghapus Dosa di Hari Jumat

Jumat, 26 November 2021 | 04:45 WIB
X