• Selasa, 17 Mei 2022

Doa Terlindung dari Lilitan Utang, Hafalkan dan Bacakan di Akhir Sholat Sebelum Salam

- Rabu, 10 November 2021 | 05:00 WIB
Rasulullah mengajarkan satu Doa agar kita Terlindung dari Lilitan Utang. Doa ini dibacakan di Akhir Sholat. (Shutterstock)
Rasulullah mengajarkan satu Doa agar kita Terlindung dari Lilitan Utang. Doa ini dibacakan di Akhir Sholat. (Shutterstock)

INILAHKORAN, Bandung- Siapapun tentu ingin hidup Terlindung dari Lilitan Utang. Ada satu Doa dari Rasulullah. Sebaiknya segera Hafalkan dan Bacakan di Akhir Sholat.

Doa Terlindung dari Lilitan Utang diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam riwayatnya di Sahih Bukhari.

Seperti dikutip Rumaysho.com, Doa Terlindung dari Lilitan utang dibawakan Bukhari dalam kitab sahihnya pada bab 'Siapa yang berlindung dari utang'.

Baca Juga: Usai Karantina Tiga Hari, Ridwan Kamil Langsung ke Kali Rasmi

Lalu beliau rahimahullah membawakan hadis dari Urwah, dari Aisyah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Nabi shallallahu alaihi wa sallam biasa berdoa di akhir salat (sebelum salam): Allahumma inni audzu bika minal matsami wal maghrom (Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan banyak utang)."

Lalu ada yang berkata kepada beliau shallallahu alaihi wa sallam, "Kenapa engkau sering meminta perlindungan adalah dalam masalah utang?" Lalu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Jika orang yang berutang berkata, dia akan sering berdusta. Jika dia berjanji, dia akan mengingkari," (HR. Bukhari no. 2397).

Baca Juga: Calon Kades Protes Usai Tak Lolos Seleksi, Warga: Desa Kertajaya jadi Terkesan Bergejolak

Al Muhallab mengatakan, "Dalam hadis ini terdapat dalil tentang wajibnya memotong segala perantara yang menuju pada kemungkaran. Yang menunjukkan hal ini adalah doa Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika berlindung dari utang dan utang sendiri dapat mengantarkan pada dusta."(Syarh Ibnu Baththol, 12/37).***

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Miliki Rumah di Surga? Lakukan Malan Ini

Senin, 16 Mei 2022 | 16:45 WIB

Bolehkah Bekam Saat Puasa Syawal? Ini Hukumnya!

Senin, 16 Mei 2022 | 12:45 WIB
X