• Senin, 24 Januari 2022

Empat Hal yang Menjamin Seorang Wanita Masuk Surga, Apa Saja?

- Senin, 15 November 2021 | 08:30 WIB
Ada empat hal yang bisa menjamin seorang wanita masuk surga. ((Unsplash/@voiceofsky))
Ada empat hal yang bisa menjamin seorang wanita masuk surga. ((Unsplash/@voiceofsky))

INILAHKORAN, Bandung- Bagi seorang wanita, masuk surga ibarat pepatah 'susah-susah gampang'. Cukup dengan melakukan 4 hal, maka tempat impian di negeri akhirat itu akan diraih.

Rasulullah saw bersabda yang artinya: "Apabila seorang wanita (istri) itu telah melakukan salat lima waktu, puasa bulan Ramadan, menjaga harga dirinya dan menaati perintah suaminya, maka ia diundang di akhirat supaya masuk surga dari pintu mana saka yang ia suka (sesuai pilihannya)." (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Thabrani)

Berdasarkan hadis di atas jelaslah bagi kita bahwa Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang telah memberi kesempatan emas bagi setiap wanita yang beriman bahwa untuk memasuki surga-Nya.

Baca Juga: Tak Sengaja Melihat Aurat Wanita, Benarkah Jatuhnya Dosa?


Sedangkan seorang pria yang beriman itu kena melalui banyak rintangan dan dugaan dan melaksanakan beberapa tanggung jawab kepada Allah SWT terlebih dahulu.

Empat syarat wanita untuk masuk surga  adalah seperti berikut:

Pertama: Melakukan salat lima waktu.

Salat merupakan pemisahan antara keimanan dan kekufuran yang haq dan yang batil.

Baca Juga: Ciri-ciri Air Mani Wanita dan Perbedaannya dengan Laki-laki, Begini Penjelasannya dalam Islam

Allah berfirman: "Maka dirikankanlah salat itu (sebagaimana biasa) sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman" (Surah An-Nissa ' ayat 103)

Diriwayatkan dari Jabir r.a. katanya, Rasulullah s.a.w. bersabda: "Perumpamaan salat lima waktu adalah seperti seseorang yang mandi di sebuah sungai yang dalam yang mengalir di depan rumahnya sebanyak lima kali sehari." (HR. Muslim)

Kedua: Puasa di bulan Ramadan.

Dari Abu Hurairah r.a. bersabda Rasulullah SAW maksudnya: "Setiap amalan anak Adam (manusia) itu digandakan satu kebaikan dengan sepuluh yang jenisnya hingga 700 kali lipat. Firman Allah swt. (maksudnya): "Kecuali puasa yang dikerjakan untuk-Ku, maka Aku-lah yang membalasnya. Dia menahan syahwatnya dan meninggalkan makan karena Aku." Bagi orang yang puasa itu ada dua kegembiraan, yaitu gembira ketika berbuka (atau berhari raya) dan senang ketika menemui Tuhannya kelak. Dan, demi bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum dari bau kasturi." (HR. Muslim)

Baca Juga: Memaksa kepada Allah Agar Dijodohkan dengan Wanita Idaman

Ketiga: Menjaga Kehormatannya

Wanita saleh yang menjaga harga dirinya adalah wanita yang selalu menghiasi diri dengan akhlak Islam dan sifat-sifat terpuji yang dapat melindungi dirinya dari murka Allah.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X