• Sabtu, 4 Desember 2021

Adakah Tanda Jelang Kematian dari 100, 40 Hingga 7 Hari dalam Islam?

- Kamis, 18 November 2021 | 09:30 WIB
Tanda kematian dalam islam tidak mengenal istilah sekian hari.
Tanda kematian dalam islam tidak mengenal istilah sekian hari.

INILAHKORAN, Bandung- Kita pernah mendengar tentang tanda kematian dari 100, 40, hingga 7 hari. Benarkah pemahaman tersebut dalam islam?

Menurut Ustaz Ammi nur Baits dalam artikelnya di konsultasisyariah.com, kita harus benar-benar memastikan pemahaman tentang tanda kematian itu berasal dari Alquran dan hadist.

Pertama, Allah menegaskan dalam al-Quran "Tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha mengetahui dengan detail." (QS. Luqman: 34)

Baca Juga: Tangis Rasulullah Pecah Ketika Melihat Kaum Wanita Disiksa

Jika kita ditanya, mana yang lebih memungkinkan untuk diupayakan terwujud, merencanakan waktu kematian atau tempat kematian?.

Misalnya si A merencanakan waktu kematian, saya ingin mati di usia 63 tahun. Sementara si B merencanakan, saya ingin mati di jogja.

Mari kita perhatikan, merencanakan usia, 100 % tidak mungkin bisa dilakukan manusia. Karena bertambah dan berkurangnya umur manusia, di luar kemampuan dan upaya manusia.

Sementara merencanakan tempat mengakhiri hayat, lebih memungkinkan untuk diupayakan manusia.

Karena seseorang mungkin saja berencana mati di kota A dan selama hidupnya, dia berusaha untuk tidak keluar dari kota A.

Dengan demikian, kita bisa menjawab pertanyaan di atas, bahwa tempat kematian lebih memungkinkan untuk diupayakan terwujud. Meskipun keduanya murni ada dalam kekuasaan Allah.

Baca Juga: Dua Ayat Terakhir Al Baqarah untuk Hidup Berkecukupan, Bacakan di Waktu Khusus Ini

Kita kembali kepada ayat di atas. Pada ayat di atas, Allah menegaskan, "tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati.." Allah tidak berfirman, "manusia tidak mengetahui kapan dia akan mati.." tapi yang Allah firmankan, "manusia tidak mengetahui dimana dia akan mati."

Halaman:

Editor: Bsafaat

Sumber: Konsultasisyariah.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Amalan-amalan Penghapus Dosa di Hari Jumat

Jumat, 26 November 2021 | 04:45 WIB
X