• Sabtu, 22 Januari 2022

Jin Berkeliaran di Waktu Maghrib Bukan Mitos! Ini Dalil Sahih dan Penjelasan Ilmiahnya

- Minggu, 5 Desember 2021 | 17:45 WIB
Keyakinan kaum jin berkeliaran di waktu Maghrib ternyata ada dalam hadist sahih Rasulullah serte telah dijelaskan secara ilmiah oleh seorang ilmuwan. (Ilustrasi/Net)
Keyakinan kaum jin berkeliaran di waktu Maghrib ternyata ada dalam hadist sahih Rasulullah serte telah dijelaskan secara ilmiah oleh seorang ilmuwan. (Ilustrasi/Net)

INILAHKORAN, Bandung- Keyakinan kaum jin berkeliaran di waktu Maghrib bukanlah mitos belaka. Ada dalil sahihnya dalam islam.

Para orang tua biasanya meminta anak-anak mereka masuk rumah di waktu Maghrib karena khawatir jin berkeliaran.

Mereka meyakini jin berkeliaran di waktu Maghrib karena telah menjadi sebuah doktrin turun temurun dalam budaya kehidupannya.

Dalam sabdanya, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan bahwa ketika Magrib, akan banyak setan dan jin yang berkeliaran. Ternyata, hadis Nabi ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

"Jangan kalian membiarkan anak anak kalian di saat matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam sebab setan berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam," (Dari Jabir dalam kitab Sahih Muslim).

Baca Juga: Agar Tak 'Diintip' Jin Saat Mengauli Istri, Begini Caranya dari Nabi

Selain itu dijelaskan dalam Sahih Muslim Nabi, bersabda:

"Jika sore hari mulai gelap maka tahanlah bayi bayi kalian sebab iblis mulai bergentayangan pada saat itu, jika sesaat dari malam telah berlalu maka lepaskan mereka, kunci pintu pintu rumah dan sebutlah nama Allah sebab setan tidak membuka pintu yang tertutup. Dan tutup rapat tempat air kalian dan sebutlah nama Allah. Dan tutup tempat makanan kalian dan sebutlah nama Allah. meskipun kalian mendapatkan sesuatu padanya."

Hadis Nabi SAW ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Sebuah buku ilmiah keagamaan karya Prof. DR. Ir. H. Osly Rachman, MS berjudul The Science Of Shalat yang diterbitkan Qultummedia menjelaskan bahwa menjelang magrib, alam akan berubah menjadi spektrum cahaya berwarna merah.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Sumber: inilah.com

Tags

Terkini

X