• Kamis, 7 Juli 2022

Suami Istri Meninggal Bersamaan dan Punya Anak Kecil, Begini Penjelasan Buya Yahya Soal Pembagian Warisannya

- Minggu, 19 Desember 2021 | 12:11 WIB
Buya Yahya, saat menjelaskan soal hak waris(Tangkap Layar) (Al-Bahjah TV)
Buya Yahya, saat menjelaskan soal hak waris(Tangkap Layar) (Al-Bahjah TV)

INILAHKORAN, Bandung - Buya Yahya menjelaskan pembagian harta warisan jika terdapat pasangan suami istri yang meninggal bersamaan, tetapi masih mempunyai anak kecil.

Menurut Buya Yahya, jika sepasang suami istri meninggal karena kecelakaan atau tidak diketahui siapa yang meninggal terlebih dahulu maka tidak saling mewarisi.

Buya Yahya pun menekankan soal pembagian harta warisan jika suami istri tersebut meninggalkan seorang anak yang masih kecil.

Baca Juga: Soal Rasionalilasi Vaksinasi Kabupaten Bogor, Emil Ngaku Masih Diverifikasi

"Kalo masih ada anak kecil hati-hati, jangan main-main. Pembagian waris sesuai hukum syariat. Setelah dibagi untuk yang dewasa oke, tapi untuk anak kecil harus dijaga, ga boleh baju ibunya atau perhiasan gak boleh seenaknya diambil," ujar Buya Yahya saat menjawab salah satu pertanyaan dalam majelisnya dikutip dari YouTube Al-Bahjah TV, Minggu 19 Desember 2021.

Selain itu, Buya Yahya menyampaikan izin seorang anak kecil tidak dianggap dalam pembagian harta warisan. Maka, harus menunggu anak kecil tersebut dewasa karena itu adalah milik dirinya.

"Kalopun anak itu mengizinkan, izin anak kecil ga dianggap, haram kita ambil harta waris tersebut lalu bilang 'nak anak sholeh ini bajunya umi mau dipajang dimasukkan museum' gak boleh anak kecil dimintain izin, kalo sudah dewasa nanti suka-suka dia, karena miliknya dia, mau dibagikan siapa saja boleh," ucap Buya Yahya.

Baca Juga: Gema Pasundan Donasi Korban Semeru Melalui Pasundan Berempati

Menurutnya, dalam urusan pembagian warisan hendaknya dilakukan dengan hati-hati. Sebab, Buya Yahya mengatakan siapapun yang meributkan soal hak waris ada iblis di dalam hatinya.

Halaman:

Editor: Firda Rachmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Senin, 4 Juli 2022 | 08:17 WIB

Syariat dan Syarat Hewan Kurban

Kamis, 16 Juni 2022 | 14:15 WIB
X