Amalan Ramadhan, 4 Manfaat Besar Mengingat Kematian, Ustadz Khalid Basalamah: Penyakit Hati Bisa Sembuh

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk mengingat dan mempersiapkan kematian. Ustadz Khalid Basalamah jelaskan manfaat mengingatnya

Amalan Ramadhan, 4 Manfaat Besar Mengingat Kematian, Ustadz Khalid Basalamah: Penyakit Hati Bisa Sembuh
Ustadz Khalid Basalamah jelaskan manfaat mengingat kematian

INILAHKORAN, Bandung- kematian merupakan hal yang sudah Allah pastikan bagi setiap makhluk yang Ia ciptakan untuk hidup.

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk mengingat dan mempersiapkan kematian. Karena bulan ini lah pintu surga dibuka dan neraka ditutup.

Ustadz Khalid Basalamah dikutip dari Youtube Khalid Basalamah Official menjelaskan 4 manfaat besar dalam mengingat kematian yang termasuk dalam amalan Ramadhan.

Baca Juga: Jadi Sekolah Heritage, Kondisi Bangunan SD Negeri Citapen Mengkhawatirkan

  1. Menjauhi maksiat

Sudah mengetahui keadaan yang dialami setelah mati jika terus menerus berbuat maksiat, maka manfaat pertama adalah menjauhi maksiat karena takut dosa.

“Kita akan terus diselimuti rasa takut jika berbuat maksiat, sedang menyiapkan bekal kematian,” jelas Ustadz Khalid Basalamah.

Baca Juga: Spoiler Ikatan Cinta Selasa 19 April 2022: Hasil Test DNA Keysha Keluar, Terbukti Anak Ricky?

  1. Melunakkan hati

Salah satu penyakit yang sangat pedih dalam Islam adalah keras hati. Artinya sudah tidak lagi mampu bergetar saat disebutkan nama Allah.

Penyakit tersebut bisa sembuh dengan amalan Ramadhan ini, mengingat kematian. Hal-hal yang bersifat kekal di akhirat terutama neraka yang siksaannya kekal.

Baca Juga: Spoiler Military Prosecutor Doberman Episode 15: No Hwa Young Desak No Tae Nam untuk Beri Kesaksian Kuat

  1. Menghilangkan rasa sombong

Telah memiliki kesuksesan dan keberhasilan di dunia sering kali membuat seseorang menjadi bangga bahkan sombong atas yang ia peroleh.

Padahal Allah jelaskan bahwa dunia tidak lebih berharga dari sayap nyamuk, tidak ada harganya sama sekali.

Baca Juga: Pemkot Bogor Targetkan Vaksinasi Booster Capai 40 Persen Sebelum Mudik Lebaran

“Jika ia jauh dari dzikrullah, maka ia akan sombong dan berbangga-bangga,” lanjutnya.

Amalan Ramadhan  mengingat kematian ini bisa membuat semuanya akan hilang. Setelah mati keberhasilannya tersebut tidak ada harganya dihadapan Allah SWT.

  1. Menghilangkan penderitaan atas musibah di dunia

Berbagai macam musibah seperti sakit Allah berikan kepada kita saat di dunia dan sering sekali kita mengeluh ingin penyakitnya diangkat.

Baca Juga: Go Green Indonesia Targetkan 2 tahun Sejuta Pohon Mangga Gedong Gincu Ditanam di Cirebon

Berbeda dengan orang yang mengingat kematian akan ikhlas menerima segala penyakit tersebut karena tahu ada dosa yang berguguran bersamaan dengan rasa sakit yang ia alami.

4 manfaat besar dengan mengingat kematian tersebut harus terus diingat di bulan Ramadhan, supaya lebih lapang dalam menjalani hidup dan mempersiapkan bekal diakhirat.***(Lia Kamilah)


Editor : inilahkoran