Apa Hukum Memotong Kuku dan Rambut Sebelum Memotong Hewan Kurban?

boleh atau tidak memotong kuku dan rambut bagi orang yang berkuban sebelum hewan kurbannya disembelih? Begini hukumnya!

Apa Hukum Memotong Kuku dan Rambut Sebelum Memotong Hewan Kurban?
Apa Hukum Memotong Kuku dan Rambut Sebelum Memotong Hewan Kurban?

INILAH KORAN, Bandung – Sering terdengar perbincangan di kalangan masyarakat terkait boleh atau tidaknya memotong kuku dan rambut sebelum memotong hewan kurban.

Lantas boleh atau tidak memotong kuku dan rambut bagi orang yang berkuban sebelum hewan kurbannya disembelih? Begini hukumnya!

Terdapat beberapa hadits yang menjelaskan larangan memotong kuku dan rambut, yakni hadits pertama diriwayatkan oleh Imam Muslim:

Baca Juga: Spoiler Ikatan 27 Juni 2022: Nino Geram, Elsa Makin Benci Andin hingga Ingin Balas Dendam

Jika kalian telah menyaksikan hilal Dzul Hijah (maksudnya telah memasuki satu Dzulhijah) dan kalian ingin berkurban, maka hendaklah shohibul qurban membiarkan (artinya tidak memotong) rambut dan kukunya.”

Hadits kedua masih diriwayatkan oleh Imam Muslim:

Siapa saja yang ingin berkurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijah (1 Dzulhijah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berkurban.”

Baca Juga: Ini Alasan Ricky Kambuaya dan Daisuke Sato Belum Gabung Persib Bandung

Sebagian ulama berpendapat, misalnya dari Syekh Abdullah Al-Jibrin, dikutip dari laman Dompet Dhuafa, bahwa memotong kuku dan rambut sebelum kurban, tidak beprengaruh terhadap keabsahan ibadah kurban.

Syekh Abdullah Al-Jibrin mengatakan baik sengaja atau tidak disengaja, kurban tetap sah, karena hal tersebut tidak termasuk pada rukun kurban.

Hikmah dari larangan tersebut menurut ulama Syafi’iyah, adalah agar rambut dan kuku tadi tetap ada hingga kurban disembelih. Supaya makin banyak dari anggota tubuh ini terbebas dari api neraka. Wallahu’alam.***


Editor : inilahkoran