Sambut HUT ke-73, Yonif 315/Garuda Ziarah ke Pendiri dan Sunan Gunungjati

Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda Kota Bogor melakukan ziarah ke makam Kolonel Inf Machmud Datuk Pasha di TPU Pronggol

Sambut HUT ke-73, Yonif 315/Garuda Ziarah ke Pendiri dan Sunan Gunungjati
Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda Kota Bogor melakukan ziarah ke makam Kolonel Inf Machmud Datuk Pasha di TPU Pronggol

INILAHKORAN, Bogor - Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda Kota Bogor melakukan ziarah ke makam Kolonel Inf Machmud Datuk Pasha di TPU Pronggol, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon pada Senin 15 Agustus 2022. 

Kegiatan ziarah ini dilaksanakan sebagai momentum HUT ke-73 Yonif 315/Garuda dan HUT ke 77 Republik Indonesia (RI).

Komandan Yonif (Danyonif) 315/Garuda Suryakencana Bogor, Mayor Inf Kunto Wibisono mengatakan, ziarah yang dilakukan keluarga besar Yonif 315/Garuda rutin digelar tiap tahunnya datang ke Cirebon dalam menyambut HUT ke-73 Yonif 315/Garuda.

Baca Juga : Geger, Penemuan Sesosok Tengkorak di Bawah Jembatan MA Salmun Bogor

"Tujuannya adalah agar semua anggota Yonif 315/Garuda sebagai prajurit muda yang mengemban tugas, amanah, berada di kesatuan ini, tidak melupakan sejarah terhadap leluhur-leluhur," ungkap Kunto kepada INILAH pada Selasa (16/8/2022) pagi.

"Terutama leluhur seperti almarhum Kolonel Inf Machmud Datuk Pasha. Selanjutnya usai berziarah ke pendiri kami ini, juga biasa dilanjutkan melakukan ziarah ke Makam Sunan Gunungjati," terang Kunto.

Sementara itu, anak ke-3 dari delapan bersaudara mendiang H. Machfud Datuk Pasha, yaitu H. Andy Machyadi Pasha membeberkan, ayahnya pensiun pada tahun 1978 dan meninggal dunia pada tahun 1988. Kemudian dimakamkan di TPU Proggol ini, disamping almarhumah istrinya, Hj. Siti Hadijah.

Baca Juga : Selain Kelebihan Bayar, Eh... Kontraktor RSUD Bogor Utara juga Belum Bayar Sanksi Denda

"Ayahanda Machfud Datuk Pasha, merupakan salah satu pendiri dan Komandan Pertama Batalyon Yonif 315/Garuda Suryakencana Bogor pada 20 Agustus 1949," tuturnya.

Halaman :


Editor : asayuti