Sejarah Baru di Piala Dunia 2022, Laga Jerman vs Kosta Rika akan Dipimpin Wasit Wanita

Catatan sejarah baru bakal terukir di gelaran Piala Dunia 2020 antara Jerman vs Kosta Rika, Jumat 2 Desember 2022 dini hari. Untuk pertama kalinya dalam sejarah pertandingan Piala Dunia akan dipimpin wasit wanita.

Sejarah Baru di Piala Dunia 2022, Laga Jerman vs Kosta Rika akan Dipimpin Wasit Wanita
Stephanie Frappart (tengah), Neuza Back (kiri) dan Karen Diaz (kanan), ketiga wasit wanita yang akan memimpin laga Piala Dunia 2022 antara Jerman vs Kosta Rika, Jumat 2 Desember 2022 dini hari. (Instagram: sportzone.football)

INILAHKORAN, Bandung - Catatan sejarah baru bakal terukir di gelaran Piala Dunia 2020 antara Jerman vs Kosta Rika, Jumat 2 Desember 2022 dini hari. Untuk pertama kalinya dalam sejarah pertandingan Piala Dunia akan dipimpin wasit wanita.

Pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 ini nantinya akan dipimpin wasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart. Stephanie Frappart tidak bertugas sendiri. Dia akan ditemani koleganya sesama wanita yang menjadi asisten wasit yakni Neuza Back (Brasil) dan Karen Diaz (Meksiko).

Sebelumnya, pada 2020, Frappart mengukir sejarah dengan menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions pria. Kali ini, dia akan memimpin di pertandingan Piala Dunia 2022.

Baca Juga : Gerardo Martino Pisah Dengan Meksiko Usai Tersingkir Dari Piala Dunia 2022

Lalu pada Maret lalu, wanita kelahiran 14 Desember 1983 ini menjadi wasit wanita pertama yang memimpin Kualifikasi Piala Dunia pria.

Penunjukan Frappart sebagai wasit utama di Piala Dunia 2022 dapat sambutan positif dari pelatih kedua tim.

Pelatih Timnas Jerman, Hansi Flick, mengaku menaruh kepercayaan 100 persen untuk kepemimpinan Frappart di lapangan.

Baca Juga : Prediksi Piala Dunia 2022: Laga Hidup Mati Jerman Melawan Kosta Rika

"Dia pantas berada di sini berdasarkan performanya. Saya harap dia sama-sama menantikan pertandingan seperti kami, dan saya harap dia bisa memberikan performa yang bagus," ucap Flick.

Sementara pelatih Kosta Rika Fernando Suarez mengatakan, ini adalah langkah maju terutama dalam sepakbola.

"Saya pengagum berat segala sesuatu yang telah ditaklukkan wanita dan saya menyukai fakta bahwa mereka ingin terus menaklukkan sesuatu," kata Suarez.

Baca Juga : Messi Gagal Eksekusi Penalti Untuk Argentina, Berikut Peta Perburuan Sepatu Emas Piala Dunia 2022

"Ini adalah langkah maju lainnya. Ini berbicara banyak untuk wanita ini, tentang komitmennya, terutama dalam olahraga yang sangat seksis ini. Sangat sulit untuk mencapai titik yang telah dia capai, saya pikir itu bagus untuk sepak bola dan langkah positif untuk sepak bola, untuk menunjukkan bahwa sepak bola terbuka untuk semua orang," pungkasnya.

Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, menegaskan bahwa mereka dipilih karena keterampilan mereka.

"Mereka dipilih bukan karena mereka wanita, tetapi sebagai wasit FIFA. Mereka bisa memimpin pertandingan apa pun," ujar Collina.

Baca Juga : Prancis Dikalahkan Tunisia di Piala Dunia 2022, Penyebabnya Turunkan Lapis Kedua?

Collina mengatakan wasit yang dipilih untuk memimpin pertandingan berdasarkan tingkat kinerja mereka selama sesi latihan dan harus siap untuk memimpin pertandingan apa pun.*** (ridwan firdaus)


Editor : donramdhani