• Minggu, 26 September 2021

Kenapa Audisi PB Djarum Baru Diusik KPAI di 2019?

- Kamis, 12 September 2019 | 21:40 WIB
(Istimewa)
(Istimewa)

INILAH, Jakarta - Setelah berjalan selama 13 tahun, Audisi Beasiswa Bulu tangkis PB Djarum dinyatakan bermasalah oleh KPAI karena dituding ada eksploitasi anak. Ini penjelasan KPAI.

Audisi Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum pertama kali digelar pada 2006. Beberapa nama besar yang pernah mengharumkan Merah Putih seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan, Liliyana Natsir, dan Tontowi Ahamad pun tercatat merupakan hasil didikan PB Djarum.

Setelah satu dekade berjalan mulus, audisi bulu tangkis PB Djarum tahun 2019 dipermasalahkan oleh KPAI. Mereka menyoroti audisi beasiswa bulutangkis yang diadakan PB Djarum di bawah Djarum Foundation dinilai melakukan eksploitasi anak.

Dalam pelaksanaannya di beberapa daerah di Indonesia, PB Djarum menggunakan anak-anak sebagai media brand-image merek rokok produk mereka.

Anak-anak yang mengikuti audisi diberi kaus bulutangkis yang bertuliskan merek Djarum di bagian dada sebagai sponsor utama. Selain itu, di lokasi audisi juga dipenuhi atribut identik merek Djarum.

Kegiatan tersebut dianggap melanggar Peraturan Pemerintah (PP) 109 yang mengatur perlindungan khusus bagian anak dan perempuan hamil. Pada PP 109 Tahun 2012 terutama pasal 47, menyatakan bahwa "Setiap penyelenggaraan kegiatan yang disponsori produk tembakau dan atau bertujuan untuk mempromosikan produk tembakau dilarang mengikutsertakan anak di bawah usia 18 tahun".

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan diteken Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 Desember 2012. PP Tersebut adalah kepanjangan tangan UU Nomor 36/2009 tentang Kesehatan.

Langkah KPAI meminta PB Djarum menghentikan audisi bulu tangkis menimbulkan tanya di masyarakat, kenapa baru sekarang?

Ketua KPAI, Sutanto, menjelaskan alasan lembaga pimpinannya baru menyoroti audisi PB Djarum karena peraturan baru tersebut relevan dengan isu eksploitasi anak terkini.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Terkini

Chelsea vs Man City, Performa Si Biru yang Mendadak Lesu

Minggu, 26 September 2021 | 09:55 WIB

Edin Dzeko: Ini Bukti Inter Milan Tim yang Hebat

Rabu, 22 September 2021 | 09:58 WIB
X