• Selasa, 28 September 2021

Juara GP Hungaria Sesungguhnya Mekanik Max Verstappen

- Minggu, 19 Juli 2020 | 23:15 WIB

INILAH, Budapest - Lewis Hamilton boleh saja menjuarai Grand Prix Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Minggu (19/7/2020). Tapi, juara sesungguhnya adalah Max Verstappen. Kenapa bisa?

Bayangkan, hanya 25 detik sebelum balapan dimulai, Max Verstappen masih bermasalah. Mobilnya mengalami gangguan setelah menjalani putaran pemanasan dengan ban intermediate compound di lintasan yang licin.

Verstappen sempat kehilangan roda RB16 di tikungan ke-12 saat mobilnya melintir menghajar pagar pembatas. Akibat kecelakaan itu, mobilnya mengalami kerusakan cukup berat. Sayap depannya patah dan elemen suspensi bagian depan rusak.

Pembalap Belanda itu akhirnya bisa bangkit di grid setelah mekanid Red Bull bekerja keras mengatasi kerusakan itu. Sayap depan pengganti sukses dipasang, tapi perbaikan lainnya tak bisa dituntaskan saat start dimulai.

Verstappen nekat melakukan start dan langsung merebut posisi kedua secara brilian di belakang Lewis Hamilton. Hamilton sendiri meraih gelar memimpin sejak start hingga finish.

"Dia sebenarnya hendak masuk pit karena dia pikir semuanya sudah berakhir. Tapi, setelah melihat semuanya dari televisi, kami memintanya kembali ke garis start," ujar bos Red Bull, Christian Horner.

Horner menyebutkan mekanik mobil, termasuk pembantunya, melakukan tugas luar biasa, memperbaikinya hanya dalam 20 detik. Padahal, biasanya untuk memperbaiki hal tersebut butuh waktu 1,5 jam.

"Dia (Verstappen) berutang hasil ini pada mereka hari ini. Dia sangat beruntung, tapi saya kira kami menyelesaikannya 25 detik menjelang start, dan kemudian segala sesuatunya berjalan baik," tambah Horner.

Verstappen sendiri memuji kerja mekaniknya. Karena itu, podium kedua yang dia raih, dia persembahkan untuk krunya tersebut.

Halaman:

Editor: Zulfirman

Terkini

Chelsea vs Man City, Performa Si Biru yang Mendadak Lesu

Minggu, 26 September 2021 | 09:55 WIB
X