• Minggu, 26 September 2021

28 Tahun Susy Susanti Bikin Bangga Raih Emas Olimpiade Barcelona

- Selasa, 4 Agustus 2020 | 05:00 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Bandung- 28 Tahun lalu tepat di tanggal 4 Agustus 1992 Indonesia bangga. Mengapa tidak,  Susy Susanti merupakan atlet pertama Indonesia meraih medali emas di Olimpiade. Susy sukses keluar sebagai juara di Olimpiade Barcelona 1992, setelah mengalahkan Bang Soo-hyun asal Korea Selatan.

Menjalani laga final cabang olahraga bulutangkis pada nomor tunggal putri di Pavello de la Mar Bella, 4 Agustus 1992, Susy menelan kekalahan 5-11 dari Bang. Kekalahan pada gim pertama sempat membuat Susy merasa heran, mengapa bisa diatur oleh lawan.

Padahal Susy Susanti unggul jauh pada catatan rekor pertemuan dengan Bang. Saat memulai gim kedua, Susy berpikir keras, apa yang mesti dilakukan.

Maklum saja, ketika itu pemain tidak boleh didampingi pelatih saat bertanding. Hingga akhirnya, Susy mampu bangkit dan meraih kemenangan dalam dua gim terakhir dengan skor 11-5 dan 11-3. 

"Jangankan mendampingi, kalau teriak saja dari bangku penonton, bisa disuruh keluar stadion. Jadi benar-benar harus berpikir sendiri," kenang Susy dalam rilis dari PBSI.

"Lalu saya coba, dan akhirnya bisa ke gim ketiga. Dari sini saya mulai yakin, saya lebih unggul fisiknya, dia enggak pernah menang lawan saya kalau rubber game. Ibaratnya saya ini mesin diesel, makin lama, makin panas," lanjut Susy Susanti.


"Saya kalau juara enggak pernah selebrasi, rasanya di Olimpiade itu pertama kalinya saya juara langsung teriak. Rasanya beban saya, tanggungjawab saya, lepas semua. Bayangkan pressure-nya, semua orang yang ketemu saya sebelum Olimpiade selalu bilang, Susy harus juara, ya!" tuturnya.

Saat naik podium juara dan mendengarkan lagu Indonesia Raya dikumandangkan, barulah dia merasa haru dan bangga bisa mempersembahkan emas untuk Indonesia. Susy tak dapat menahan air matanya saat sang Merah-Putih dikibarkan.

"Kemenangan di Olimpiade itu beda dengan di kejuaraan lain. Rasanya prestasi kita itu diakui dunia. Kita juga bisa mengangkat nama Indonesia di mata dunia," ucap Susy.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Terkini

Chelsea vs Man City, Performa Si Biru yang Mendadak Lesu

Minggu, 26 September 2021 | 09:55 WIB

Edin Dzeko: Ini Bukti Inter Milan Tim yang Hebat

Rabu, 22 September 2021 | 09:58 WIB
X