• Jumat, 21 Januari 2022

Kaleidoskop MotoGP 2020: Lahirnya Jawara-jawara Baru!

- Selasa, 22 Desember 2020 | 17:40 WIB

INILAH, Jakarta-Siapa menyangka Kejuaraan Dunia MotoGP menyajikan musim yang penuh kejutan, kompetisi paling ketat, serta juara-juara baru di musim yang dihantui oleh pandemi tahun ini.

Sembilan pemenang berbeda muncul di kelas premier, menyamai rekor sepanjang masa di musim 2016, dan mahkota juara dunia pindah ke tangan Joan Mir dan Suzuki di saat Marc Marquez menjadi pesakitan sejak seri pembuka di Jerez.

Musim balapan 2020 boleh jadi layak mendapat selebrasi tersendiri setelah sempat menjadi kemustahilan di saat virus corona menjadi wabah global awal tahun ini.

Batalnya Grand Prix Qatar, yang seharusnya menjadi seri pembuka pada Maret, memaksa FIM dan Dorna Sports harus bertarung melawan waktu mengatur ulang kalender serta melakukan lobi-lobi ke para promotor dan negara tuan rumah.

Melihat situasi pandemi yang dinamis dan tak bisa diprediksi, Dorna akhirnya memutuskan untuk membawa sirkus MotoGP hanya di daratan Eropa untuk 14 seri musim ini yang mengambil start di Jerez, Juli. Sejumlah sirkuit pun menjadi tuan rumah dua balapan beruntun untuk pertama kalinya.

Dalam waktu vakum empat bulan itu, ketrampilan membalap Marquez bersaudara, Valentino Rossi, Fabio Quartararo dan para pebalap lainnya diuji dalam balapan virtual yang disiarkan langsung lewat berbagai kanal.

Rivalitas mereka masih kentara meski dalam suasana yang kasual dan penuh senda gurau demi mengobati kerinduan para fan MotoGP di seluruh dunia. Suatu pemandangan dan pengalaman menonton yang cukup langka.


Jawara-jawara baru
Jelang seri pembuka di Jerez, Quartararo pernah mewanti-wanti bahwa salah satu hal krusial demi menyintas musim balapan yang sangat padat tahun ini adalah sebisa mungkin menghindari cedera.

"Satu kali cedera berarti kalian bisa melewatkan banyak balapan," kata sang pebalap Prancis yang menjadi rookie terbaik 2019 itu.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

X