• Rabu, 22 September 2021

Gol Bernardo Silva, Offside Atau Tidak?

- Kamis, 21 Januari 2021 | 11:15 WIB

INILAH, Manchester - Bernardo Silva mencetak gol krusial pembuka kemenangan Manchester City 2-0 atas Aston Villa. Tapi, benarkah (proses) gol tersebut berbau offside?

Gol tersebut bermula dari bangkitnya Rodri dari posisi offside. Dia merebut bola dari bek Aston Villa, Tyrone Mings, sebelum mengirim umpan untuk diselesaikan Bernanrdo Silva.

Dalam pertarungan terbuka, gol Bernardo Silva di menit ke-79 itu menjadi krusial bagi Manchester City. Gol itulah yang meruntuhkan pertahanan ketat Aston Villa, yang sempat juga membuka peluang.

Meski begitu, mencuat debat soal gol tersebut, apakah layak atau tidak. Sebab, gol itu dimulai dari perjuangan Rodri yang semula berada pada posisi offside, sebelum merebut bola dari Tyrone Mings.

Rodri jelas berada pada posisi offside saat Bernaro Silva menyundul bola ke depan. Tapi, dia bangkit untuk melakukan tekel terhadap Mings, yang berada di depan rekan-rekannya di garis pertahanan.

VAR menyebutkan gol itu sah dan jelas membuat frustrasi pelatih Aston Villa, Dean Smith. Dia bahkan diusir wasit setelah mengkonfrontir Jon Moss. Sang wasit sebelumnya mengganjar Smith dengan kartu kuning sebelum melanjutkannya dengan kartu merah.

Mantan wasit Liga Primer, Peter Walton, yang menjadi komentator untuk BT Sport, sempat menyatakan keputusan wasit itu salah. Dia menilai Rodri dalam posisi offside.

Tapi, setelah pertandingan, begitu menyimak kembali peraturan Liga Primer, Walton mengklarifikasinya. Karena Mings dengan sengaja memainkan bola, maka Rodri tak bisa lagi dianggap offside. Dia merebut bola yang dikuasai lawan.

"Pikiran awal saya, ketika Mings menguasai bola, itu bukan sengaja memainkan bola," katanya.

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Terkini

Ruud Gullit: Semoga AC Milan Juara Liga Italia Musim Ini

Selasa, 21 September 2021 | 14:59 WIB

Kapan Juventus Bisa Move On dari Cristiano Ronaldo?

Selasa, 21 September 2021 | 10:26 WIB

Kiprah Cristiano Ronaldo di Man United, Ngeri Banget!

Senin, 20 September 2021 | 05:46 WIB
X