• Selasa, 7 Desember 2021

David Moyes Memulihkan Lagi Reputasi

- Selasa, 16 Februari 2021 | 22:45 WIB
Manajer West Ham United David Moyes. (antara)
Manajer West Ham United David Moyes. (antara)

INILAH, Bandung - Memberi ruang kepada Jesse Lingard untuk kembali bersinar setelah dicampakkan Manchester United adalah salah satu polesan lain dari manajer West Ham United David Moyes yang perlahan merebut lagi status pelatih bertangan dingin setelah sebelas tahun menciptakan fondasi kuat di Everton.

Keberhasilan di Everton itu pula yang membuat Sir Alex Ferguson memilih dia sebagai penggantinya di Manchester United ketika pensiun pada 2013.

Tapi ternyata pindah ke klub raksasa langganan juara liga itu malah menjadi titik balik karir Moyes.

1 Juli 2013 menandatangani kontrak enam tahun, 20 Juli 2014 dia dipaksa angkat kaki dari Old Trafford setelah dipecat karena membuat Setan Merah menjadi tim medioker.

Manchester Evening News mengejeknya, "Moyes tak melatih seperti halnya pelatih United. United mendapatkan seorang manajer Everton, pelatih Everton, seorang pemain Everton dan mencapai finis yang biasa Everton capai, urutan ketujuh."

Tak lama kemudian dia direkrut oleh Real Sociedad pada pertengahan musim. Kontraknya 18 bulan, namun enam bulan sebelum habis dipecat setelah Sociedad mengalami awal buruk pada musim keduanya.

Satu semester menganggur, dia direkrut oleh Sunderland. 23 Juli 2016 menandatangani kontrak, 29 April 2017 Sunderland memastikan degradasi untuk pertama kali dalam kurun sepuluh tahun. Moyes menyatakan akan tetap manajer, tapi 22 Mei akhirnya mundur.

Enam bulan tanpa klub setelah itu, West Ham United meliriknya saat klub ini terlunta-lunta di zona degradasi. 7 November 2017 menandatangani kontrak setengah musim menggantikan Slaven Bilic yang dipecat, dia membawa West Ham perlahan bangkit dan memastikan tetap di Liga Premier ketika masih menyisakan dua pertandingan lagi.

Tak kunjung mendapat kontrak baru, dia hengkang karena West Ham lebih memilih Manuel Pellegrini yang resumenya lebih mengkilat.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Terkini

Batal Ke Real Madrid, Ini Ungkapan Kekecewaan Mbappe

Senin, 6 Desember 2021 | 20:00 WIB

Gegara Gol Injury Time, Sang Pelatih Meninggal Dunia

Senin, 6 Desember 2021 | 15:54 WIB
X