• Kamis, 2 Desember 2021

Selalu di Posisi Buntut, Ini Jawaban Valentino Rossi

- Selasa, 4 Mei 2021 | 15:55 WIB

INILAH, Jerez - Kenapa Valentino Rossi tak bisa berbuat apa-apa musim balapan tahun ini? Dia menjawab sendiri. "MotoGP cepat berubah," katanya.

Sudah empat balapan berlangsung musim ini, posisi Valentino Rossi tertinggal jauh di belakang. Dia berada di peringkat ke-20/21 bersama adiknya, Luca Marini. Keduanya sama-sama meraih empat poin. Valentino Rossi mendapatkannya pada seri pembuka di Qatar.

Apakah performa Valentino Rossi menurun? Tidak juga. Motor Yamaha bermasalah? Pun tidak. Meski membalap untuk Petronas tahun ini, dia tetap dimodali motor spek pabrikan Yamaha.

Lalu? Perubahan MotoGP terlalu cepat. Juli lalu, Valentino Rossi menyelesaikan MotoGP Andalucia di Sirkuit Jerez dengan waktu 41 menit 28,212 detik. Capaian itu cukup menempatkannya naik podium. Minggu lalu, dia menyelesaikan balapan dengan waktu yang nyaris sama, 41 menit 28,333 detik. Posisinya? Hanya di peringkat ke-17. Dia tertinggal jauh, 22,7 detik dari juara balapan, Jack Miller.

Valentino Rossi tak bisa menjelaskan secara pasti kenapa dia kurang kompetitif dibanding sembilan bulan lalu. Tidak juga dia bisa menjadikan temperatur lintasan yang 18 derajat lebih rendah dibanding Juli lalu.

"Kami mencoba motor seperti tahun lalu. Tidak sama persis seperti tahun lalu, tapi di atas kertas sedikit lebih baik. Tapi karena sejumlah alasan, saya malah lebih kesulitan. Juga, ban tahun lalu juga kurang lebih sama, tapi kami tak bisa menemukan grip serupa," katanya.

Valentino Rossi pun membenarkan hal tersebut jadi pertanyaan buat mereka. Tapi, dia menduga, seua terjadi karena perubahan yang sangat cepat di MotoGP, dari satu musim ke musim berikutnya.

"Banyak perubahan performa dan semua orang mencoba membuat segalanya jadi lebih baik, tapi kadang-kadang itu tak mungkin," katanya.
 

Editor: Zulfirman

Tags

Terkini

X