• Senin, 27 September 2021

Windy Cantika, Mojang Bandung, Samai Prestasi Ibunya

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 14:04 WIB

TOKYO – Windy Cantika Aisyah meraih medali perunggu Olimpiade 2020. Dia pun mengimbangi prestasi ibunya, Siti Aisyah.

Siti Aisyah adalah figur yang “menceburkan” Windy Cantika ke dunia angkat besi. Maklum, Sity Aisyah adalah mantan lifter Indonesia. Dia termasuk salah satu lifter di era awal angkat besi Indonesia.

Siti Aisyah juga bukan lifter sembarangan. Dia adalah peraih medali perunggu pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 1988.

Windy Cantika, kelahiran 11 Juni 2002, merupakan anak terakhir dari tiga bersaudara.Kakak-kakaknya juga ikut mencintai olahraga angkat besi. Pertama kali ia tertarik pada cabang olahraga ini saat melihat kakaknya dilatih angkat beban oleh sang ibu.

Windy Cantika sendiri, dalam beberapa kesempatan, menyatakan ambisi personalnya yang cukup istimewa. Apa itu? Melampaui prestasi ibunya.

Kini, Windy Cantika mampu menyamainya. Jika ibunya meraih medali perunggu Kejuaraan Dunia, Windy Cantika kini meraih medali serupa di ajang Olimpiade dan jadi atlet pertama yang mengibarkan Merah Putih di Olimpiade Tokyo.

Lifter putri asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi peraih medali pertama Indonesia di ajang Olimpiade. Windy Cantika Aisah, meraih medali perunggu angkat besi kelas 49 kg.

Cantika meraih perunggu dengan total angkatan 194 kg. Dia mengumpulkannya dari angkatan snatch seberat 84 kg dan clean and jerk 110 kg.

Medali emas direbut lifter China, Hou Zhihui. Dia menorehkan angkatan total 210 kg yang juga merupakan rekor baru Olimpiade. Hou Zhihui mengangkat barbel seberat 116 kg di clean and jerak yang juga merupakan rekor Olimpiade yang baru dan 94 kg di jenis angkatan snatch.

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Terkini

Chelsea vs Man City, Performa Si Biru yang Mendadak Lesu

Minggu, 26 September 2021 | 09:55 WIB
X