• Jumat, 17 September 2021

Barbra Banda, Petinju Pro yang Jadi Top Skor Olimpiade

- Minggu, 25 Juli 2021 | 10:45 WIB

INILAH, Tokyo - Barbra Banda menyita perhatian di Olimpiade Tokyo. Dia jadi top skor sementara sepak bola wanita. Siapa nyana, dia ternyata juga petinju profesional!

Enam gol dia lesakkan dalam dua pertandingan. Tiga gol ke gawang Belanda, tiga lainnya ke gawang China.

Tak soal, Zambia, tim yang diperkuatnya memiliki pertahanan buruk, kebobolan 14 gol dan hanya mencetak satu poin. Barbra Banda mencuri perhatian.

Kemampuan individualnya mencetak gol membuatnya menyerupai Lionel Messi dan Cristiano Roanldo. Dia akan terus jadi pembicaraan dunia.

Barbra Banda, 21 tahun, adalah penyerang bertenaga. Menyerupai Romelu Lukaku, mesin gol Belgia. Penampilannya di Olimpiade membuat masa depannya kian cemerlang.

Sebelum Olimpiade, sejumlah rekor sudah ditorehkan Barbra Banda. Dia jadi wanita Zambia pertama yang bermain sebagai pemain profesional di Eropa. Dia main untuk klub Logrono di Spanyol.

Barbra Banda kemudian pindah ke China, direkrur Shanghai Shengli. Pada debut perdananya di menit ke-23, dia membawa bola dari daerahnya sendiri, melewati tiga pemain lawan, dan mencetak gol.

Barbra Banda mengawali karier bermain bola di Lukasa. Bukan dengan sesama rekannya wanita, melainkan dengan anak-anak pria. Pasalnya, tak ada teman-teman wanitanya yang suka bermain bola.

Di keluarganya pun, Barbra Banda menyembunyikan kegemarannya bermain bola dari orang tuanya. Dia biasa melempar sepatu keluar rumah melalui jendela jika ingin latihan. Kepada orang tua, dia bilang hendak belajar.

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Terkini

Liverpool vs AC Milan Sengit! The Reds Menang 3-2

Kamis, 16 September 2021 | 04:12 WIB
X