• Minggu, 5 Desember 2021

PSSI Bermitra dengan Perguruan Tinggi soal Beasiswa Sport Science

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 19:20 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (antara)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (antara)

INILAH, Jakarta - PSSI menjalin kemitraan dengan tujuh perguruan tinggi nasional terkait beberapa hal, mulai dari beasiswa hingga sains olahraga (sport science), melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) secara virtual, Rabu (18/8/2021).

Ketujuh perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM) serta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa kerja sama tersebut meliputi setidak-tidaknya empat hal yaitu menciptakan pelatih dan instruktur pelatih berkualitas, pemain yang mumpuni, sains olahraga serta beasiswa atlet.

"Ini kerja sama yang penting dan strategis," ujar Iriawan.

Menurut purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu, lingkungan kampus berpotensi menghasilkan pelatih dan instruktur pelatih yang berkualitas internasional.

Hal tersebut diperlukan karena, berdasarkan data PSSI, Indonesia hanya memiliki sekitar 7.000 pelatih sepak bola di semua level. Jumlah itu dianggap sangat rendah mengingat penduduk Indonesia ada sekitar 270 juta jiwa.

Sementara terkait pemain, PSSI percaya dunia perguruan tinggi memiliki banyak bakat pesepak bola yang di antaranya bisa saja memperkuat tim nasional Indonesia.

"Mereka tak kalah kualitasnya dari pemain Liga 1," tutur Iriawan.

Soal sains olahraga, PSSI berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk menggunakan fasilitas kampus yang berkaitan dengan itu.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Terkini

X