• Kamis, 28 Oktober 2021

Yuk Kenalan Sama Stanley Tija, Wasit Esport Indonesia Berlisensi Internasional

- Minggu, 26 September 2021 | 10:46 WIB
Wasit esport Stanley Tija dalam ekshibisi esport Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua ditemui di arena hoki dan kriket, Doyo Lama, Jayapura, Minggu (19/9/2021). ( (ANTARA/Arindra Meodia))
Wasit esport Stanley Tija dalam ekshibisi esport Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua ditemui di arena hoki dan kriket, Doyo Lama, Jayapura, Minggu (19/9/2021). ( (ANTARA/Arindra Meodia))

INILAHKORAN, Bandung- Kecintaan Stanley Tija kepada dunia game membuat dia akhirnya menekuni pekerjaan sebagai wasit esport.

Pria berusia 38 tahun itu awalnya adalah seorang pemain profesional pada awal tahun 2000-an. Dia bahkan sempat turun dalam World Cyber Game, ketika Indonesia mengikuti ajang internasional untuk pertama kalinya.

Pada saat itu, menurut Stanley, profesi sebagai pemain esport tidak semenjanjikan seperti saat ini. Semua turnamen yang dia ikuti dibiayai secara pribadi.

Lelah menjadi pemain profesional, tawaran menjadi wasit esport datang pada 2016 ketika Federasi Esport Internasional (IESF) mencari wasit untuk esport secara resmi.

Kembali pada saat itu, Stanley bercerita perekrutan melibatkan sekira 25 negara, termasuk negara-negara Eropa. Dari situ hanya 10 orang yang tersaring dan diterima menjadi wasit resmi untuk turnamen internasional.

Baca Juga: 'No Time To Die', Akhir Perjalanan Sempurna Daniel Craig di James Bond 007

"Setelah video call, setelah tes lisan tulisan juga, kirim biografi, kasih contoh study case, setelah penilaian itu dua minggu kemudian baru dihubungi. Nah, saya salah satunya dari 10 orang itu," ujar Stanley kepada Antara di arena Hoki dan Kriket di Doyo Baru, Jayapura, yang menjadi tempat bertanding ekshibisi esport PON XX Papua.

"Satu-satunya wasit di Indonesia sertifikat IESF itu baru saya," dia melanjutkan.

Stenly akhirnya mengantongi predikat sebagai wasit internasional. Namun sertifikasi tersebut hanya berlaku satu tahun. Meski begitu, Stanley masih masih seringkali diminta untuk memimpin jalannya pertandingan.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi! Fabio Quartararo Juara Dunia MotoGP 2021

Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:54 WIB
X