• Sabtu, 27 November 2021

Siap-siap Kecewa! Merah Putih Juga Terancam Tak Berkibar di Asian Games 2022 dan Beberapa Ajang Ini

- Senin, 18 Oktober 2021 | 09:45 WIB
Para pemain Indonesia melakukan selebrasi di lapangan setelah Jonatan Christie memastikan kemenangan tim Indonesia atas tim China dalam babak final Piala Thomas, di  Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Indonesia berhasil merebut Piala Thomas setelah berhasll mengalahkan China  di babak final 3-0. ANTARA FOTO/Ritzau Scanpix via Reutters/hp. (RITZAU SCANPIX)
Para pemain Indonesia melakukan selebrasi di lapangan setelah Jonatan Christie memastikan kemenangan tim Indonesia atas tim China dalam babak final Piala Thomas, di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Indonesia berhasil merebut Piala Thomas setelah berhasll mengalahkan China di babak final 3-0. ANTARA FOTO/Ritzau Scanpix via Reutters/hp. (RITZAU SCANPIX)


INILAHKORAN, Bandung-Kekecewaan masyarakat Indonesia setelah bendera merah putih tak berkibar di ajang Piala Thomas 2020 bisa berbuntut panjang. Pasalnya, sanksi dari Badan Anti-Doping WADA juga berlaku untuk seluruh ajang internasional yang diikuti Merah Putih.

Indonesia berhasil menyudahi puasa gelar 19 tahun di ajang Piala Thomas setelah menaklukkan China 3-0 dalam partai final Minggu 17 Oktober 2021.

Usai laga di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, itu Indonesia menjalani seremoni kemenangan yang'tak biasa' lantaran bendera merah putih tidak dikibarkan panitia penyelenggara.

Baca Juga: Buntut Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas 2020, KOI Desak WADA Tanggung Jawab

Pemandangan tersebut merupakan buntut dari sanksi WADA terhadap Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) yang dijatuhkan 9 Oktober 2021 lalu. LADI dianggap tak patuh dalam penerapan program uji doping.

Sanksi tersebut pun membuat Indonesia mengalami berbagai kerugian.Di antaranya, tidak diperbolehkannya bendera negara berkibar di single event dan multievent internasional, tidak diizinkannya terpilih menjadi tuan rumah olahraga kelas regional, kontinental hingga dunia selama satu tahun sejak diberlakukannya sanksi tersebut, serta hak-hak eksklusif lainnya.

Baca Juga: Buntut Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas, Taufik Hidayat: Kacau Dunia Olahraga Ini!

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) meminta LADI untuk segera memenuhi tanggung jawabnya kepada WADA. Pasalnya, pemandangan serupa seperti di Piala Thomas 2020 ketika bendera merah putih tak berkibar sangat mungkin terulang di beberapa ajang internasional terdekat. Sebagai informasi, sanksi WADA terhadap LADI berlaku selama satu tahun ke depan.

Baca Juga: Indonesia Juara Piala Thomas tapi Merah Putih Tak Berkibar, Candra Wijaya: Ironis dan Memalukan!

"Saya berharap LADI bisa menyelesaikan masalah ini secepatnya sehingga dapat segera terbebas dari sanksi doping yang merugikan Indonesia di ajang Internasional,” ujar Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dalam keterangan resminya Minggu 17 Oktober 2021 malam WIB.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X