• Selasa, 5 Juli 2022

Soal Insiden Ricky Kambuaya di Laga Timnas Indonesia vs Singapura, Shin Tae Yong: Wasit Juga Pekerja

- Kamis, 23 Desember 2021 | 08:55 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong bicara soal insiden pelanggaran pemain Singapura terhadap Ricky Kambuaya di semifinal Piala AFF 2020. (Antara Foto)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong bicara soal insiden pelanggaran pemain Singapura terhadap Ricky Kambuaya di semifinal Piala AFF 2020. (Antara Foto)

INILAHKORAN, Bandung- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong bicara soal kepemimpinan wasit dalam laga melawan Singapura di semifinal Piala AFF 2020.

Shin Tae Yong angkat bicara soal kontroversi kinerja wasit dalam duel leg pertama semifinal Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Singapura, Rabu 22 Desember 2021 malam WIB.

Ada satu insiden yang disoroti Shin Tae Yong dalam duel Timnas Indonesia melawan Singapura di Stadion Nasional itu.

Baca Juga: Penalti Timnas Indonesia 'Dirampok' Saat Ladeni Singapura, Begini Reaksi Shin Tae Yong

Penggawa Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya terlihat dilanggar di dalam kotak penalti pada menit ke-77. Saat itu, kedudukan berimbang 1-1.

Namun, wasit Kim Hee-gon asal Korea Selatan menganggap peristiwa terjadi di luar area terlarang sehingga hanya memberikan tendangan bebas.

"Jujur saja saya belum melihat kembali video pertandingan. Jadi saya tidak mengetahui apakah itu tendangan penalti atau bukan. Namun, terlepas benar atau salah, kita harus menghargai keputusan wasit," ujar Shin dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta.

Menurut juru taktik yang asal Korea Selatan tersebut, wasit dan asisten wasit berstatus sama dengan pemain, pelatih serta ofisial yang ada di stadion yaitu pekerja.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Timnas Indonesia Tak Main Kasar di Piala AFF 2020

"Kita harus melihat wasit sebagai orang yang pekerjaannya sama," tutur Shin.

Pelanggaran kepada Ricky Kambuaya dilakukan saat skor pertandingan imbang 1-1.

Andai tendangan 12 pas diberikan, Indonesia berpeluang menang dan menempatkan satu kaki di final.

Baca Juga: Profil Mbah Minto YouTuber Klaten yang Meninggal Dunia, Aktingnya Bikin Didi Kempot Terkesima

Laga Indonesia melawan Singapura sendiri pada akhirnya tuntas dengan skor 1-1.

Indonesia unggul sejak babak pertama melalui gol Witan Sulaeman (28'), sementara Singapura menyamakan kedudukan pada paruh kedua via sepakan penyerang Ikhsan Fandi (70').

Indonesia dan Singapura akan kembali bertarung pada leg kedua semifinal yang juga berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu 25 Desember 2021.

Timnas Indonesia harus memenangkan laga tersebut untuk lolos ke final. Fase gugur Piala AFF 2020 sendiri tak mengenal keunggulan gol tandang.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X