Final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand: Motivasi Shin Tae Yong Berlipat Ganda karena Ini

Motivasi Shin Tae Yong terdongkrak jelang final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand. Ada apa?

Final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand: Motivasi Shin Tae Yong Berlipat Ganda karena Ini
Motivasi Shin Tae Yong berlipat ganda jelang final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand.


INILAHKORAN, Bandung- Semangat Shin Tae-yong pada laga final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand dipastikan terdongkrak. Karena apa?

Ternyata, jelang final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand, PSSI sudah menyiapkan kontrak baru untuk Shin Tae Yong

Perpanjangan kontrak itu dilakukan karena PSSI menilai Shin Tae Yong memberi dampak positif bagi Timnas Indonesia hingga berhasil menembus final Piala AFF 2020.

Baca Juga: Bawa Rans Cilegon FC ke Liga 1, Hamka Hamzah Malah Gantung Sepatu, Ada Apa?

PSSI, menurut Sekjen PSSI Yunus Nusi, melihat kinerja pelatih asal Korea Selatan itu secara obyektif dan mengakui Shin Tae-yong memberikan pengaruh positif terhadap Timnas Indonesia.

“Bisa saja (perpanjang kontrak). Kita melihat keberhasilan dia mengutak-atik Timnas ini, ada pengaruh positif yang luar biasa yang dilakukannya di tubuh Timnas kita,” kata Yunus, Senin 27 Desember 2021.

Yunus menjelaskan, PSSI mengapresiasi yang sudah dilakukan pelatih yang memiliki kontrak hingga 2023 itu dengan bukti performa Indonesia yang terus menunjukkan perkembangan sangat baik.

Baca Juga: Besok! Saksikan Final Piala AFF, Timnas Indonesia vs Thailand

Menurut Yunus, pelatih asal Korea Selatan itu memiliki pengaruh positif yang luar biasa terhadap Evan Dimas dan kawan-kawan yang terlihat dari kemajuan yang dicapai dalam kualifikasi pra Piala Dunia hingga masuknya Indonesia pada final Piala AFF 2020.

“Progress itu sangat terasa bagaimana Timnas Indonesia bisa mengalahkan Malaysia, menahan Vietnam, dan menang atas Singapura. Tentu kami berharap performa bagus itu bisa diteruskan saat menghadapi Thailand nanti,” kata dia.

Dia mengharapkan, dalam pertandingan final Piala AFF antara Indonesia dan Thailand, skuad Garuda telah lebih siap terlebih karena mampu mengalahkan tuan rumah Singapura pada laga terakhir sebelum melenggang ke partai final.

Baca Juga: Lesti Kejora dan Anak Dapat Komentar Negatif, Rizky Billar Murka: Ini Contoh Orang yang Hatinya Dibutakan

Menurut Yunus, berdasarkan hasil komunikasi dengan Shin, pasukan Merah Putih dalam kondisi sehat dan siap menghadapi laga final leg pertama yang akan dilangsungkan pada 29 Desember 2021.

“Para pemain dalam keadaan sehat, bugar dan stabil. Secara umum mereka sudah siap untuk laga pertama final Piala AFF melawan Thailand,” kata Yunus.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan pencapaian tim nasional sepak bola bisa melaju sampai ke final Piala AFF 2020 menjadi pembuktian para pemain muda menuju SEA Games di Vietnam.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Pelayanan SIM Keliling Bandung Hari Ini Selasa 28 Desember 2021

Saat menjadi narasumber dalam sebuah acara televisi, Minggu malam, Zainudin menyebut bahwa timnas yang diturunkan ke Piala AFF merupakan mereka yang diproyeksikan tampil di SEA Games di Vietnam.

Dia pun optimistis pengalaman mereka menghadapi para pemain senior di Piala AFF 2020 menjadi modal bagus untuk berprestasi di multievent dua tahunan nanti.

“Timnas ini kami persiapkan untuk SEA Games sehingga mereka sudah mendapatkan pengalaman terlebih dahulu bertemu dengan negara-negara di Asia Tenggara karena SEA Games ada batas maksimal usia. Tentu negara lain belum tentu semua timnya akan turun karena rata-rata pemain senior,” kata Zainudin.

Baca Juga: Lokasi Perpanjangan SIM Keliling Jakarta Selasa 28 Desember 2021

Dia juga menyebut bahwa timnas yang bermaterikan para pemain muda itu awalnya sempat diremehkan oleh negara lain karena minim pengalaman.

Namun persepsi itu akhirnya mampu dipatahkan ketika Indonesia lolos ke final setelah mengalahkan Singapura 4-2 pada leg kedua.

Pada leg pertama Indonesia dan Singapura hanya bermain imbang dengan skor 1-1.

“Awalnya timnas ini diremehkan oleh beberapa negara, diremehkan bahwa ini anak-anak muda, Indonesia turun dengan tim yang masih muda, tentu belum punya pengalaman tapi semangat mereka luar biasa. Dan jangan lupa tangan coach Shin Tae-yong,” ucapnya.

Baca Juga: Pengumuman! Polda Metro Jaya Izinkan Kafe Gelar Nobar Final Piala AFF

Indonesia akan menghadapi Thailand pada final Piala AFF 2020 yang akan berlangsung dalam dua leg, yakni Rabu 29 Desember dan Sabtu 1 Januari.

Thailand berhak melaju ke final setelah mengalahkan Vietnam pada leg pertama dengan skor 2-0. Sementara pada leg kedua, pertandingan kedua tim berakhir tanpa gol.***

 


Editor : inilahkoran