Resmi Digelar, 3.000 Lebih Atlet Esport Bersaing di Piala Gubernur Jabar 2022

Kejuaraan esport bertajuk Piala Gubernur Jabar 2022 yang digelar di Youth Center, Komplek SPORT Jabar diikuti lebih dari 3000 atlet,

Resmi Digelar, 3.000 Lebih Atlet Esport Bersaing di Piala Gubernur Jabar 2022
Kejuaraan esport bertajuk Piala Gubernur Jabar 2022 yang digelar di Youth Center, Komplek SPOrT Jabar, Jalan Arcamanik Kota Bandung resmi digulirkan. Total mencapai lebih dari 3.000 peserta.

INILAHKORAN, Bandung - Kejuaraan esport bertajuk Piala Gubernur Jabar 2022 yang digelar di Youth Center, Komplek SPOrT Jabar, Jalan Arcamanik Kota Bandung resmi digulirkan. Total mencapai lebih dari 3.000 peserta.

Para peserta tersebut terbagi dalam lima kategori game yang dipertandingkan. Seperti 256 tim untuk Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), 128 tim untuk bertanding Valorant, 240 tim di PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), 214 tim untuk Free Fire dan 128 orang bertanding di Pro Evolution Soccer (PES).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jabar, Asep Sukmana mengaku tak menyangka dengan antusias yang ditunjukan untuk mengikuti Piala Gubernur Jabar 2022 ini. Terlebih, kompetisi ini hanya diumumkan melalui media sosial.

Baca Juga: Tiba di Swiss, Ini Yang Dilakukan Ridwan Kamil Pasca Hilangnya Emmeril Khan Mumtadz

"Apalagi kalau diumumkan di berbagai media. Alhamdulillah, ini menunjukan bahwa esport ini sudah digandrungi oleh berbagai kalangan," ungkap Asep Sukmana di Youth Center, Komplek SPOrT Jabar, Jalan Arcamanik Kota Bandung, Jumat 21 Mei 2022.

Asep Sukmana berharap dari kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 ini ditemukan atlet-atlet esport Jabar lainnya. Apalagi ke depan, berbagai event kejuaraan akan dihadapi seperti Porprov hingga PON.

"Kita juga berharap semoga ke depan tidak ada stigma negatif terhadap olahraga esport. Kan kalau sekarang, kalau bicara game online, mungkin ada konotasi negatif. Hari ini namanya elektronik sport, yang menjadi sebuah bagian dari upaya pemerintah agar beralih ketika berbicara game online ke arah positif," tuturnya.

Baca Juga: Super Esport Series Season 2 Memasuki Babak Kualifikasi, Sejumlah Tim Siapkan Strategi

Senada diungkapkan Ketua Harian Pengprov Esport Indonesia (ESI) Jabar, M Budiana. Ia pun mengaku terkejut dengan antusias peserta terhadap Piala Gubernur Jabar 2022 ini.

"Menurut laporan dari Dispora selaku penyelenggara itu di setop. Kalau tidak di setop bisa 3.000 lebih. Jadi, betul sekali apa yang disampaikan pak Kadispora, secara umum bahwa esport semakin digandrungi, menjadi alternatif kegiatan kaum muda di era distrupsi seperti ini," kata M Budiana.

Budiana memastikan ESI Jabar akan memanfaatkan dengan baik Piala Gubernur Jabar 2022 ini. Setidaknya mencari atlet-atlet berkualitas lainnya untuk membela Jabar ke depannya.

Baca Juga: Kabupaten Bekasi Sabet Juara Umum Turnamen Esport Piala Gubernur Jabar 2021

"Karena kebetulan Piala esport Gubernur Jabar 2022 ini tidak hanya diikuti atlet Jabar, tapi juga Sumatera dan provinsi lainnya. Artinya kalau atlet Jabar unggul di kejuaraan hari ini, berarti sangat teruji. Mudah-mudahan itu ada atlet-atlet pendatang baru. Artinya, esport Jabar tinggal memupuk mereka, membina mereka menjadi debutan bagi Jabar itu sendiri," pungkasnya.

Untuk babak penyisihan, Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga esport ini sudah digelar sejak 25 Mei lalu. Kompetisi ini berakhir pada Minggu 29 Mei dan digelar secara offline atau onsite di gedung Youth Center, komplek SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung.

Total hadiah yang akan diperebutkan di lima kategori game mencapai Rp398 juta. Dengan rincian, MLBB, Valorant, PUBG dan Free Fire masing-masing memperebutkan total hadiah Rp90 juta, sedangkan PES memperebutkan total hadiah Rp38 juta.(Muhammad Ginanjar)


Editor : inilahkoran