SRC Gelar Pesta Retail Bogor di Stadion Pakansari Gerakkan Roda Perekonomian Setempat

Sampoerna Retail Community (SRC) menggelar Pesta Retail Bogor yang serempak diadakan di 15 kota se-Indonesia. Stadion Pakansari menjadi pilihan lokasi untuk merayakan kesuksesan toko kelontong atas berbagai kontribusinya dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

SRC Gelar Pesta Retail Bogor di Stadion Pakansari Gerakkan Roda Perekonomian Setempat
PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) yang merupakan anak perusahaan PT HM Sampoerna Tbk secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong melalui SRC. Upaya ini terbukti dengan Pesta Retail Bogor di Stadion Pakansari yang memberikan dampak positif khususnya dalam menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM. (reza zurifwan)

INILAHKORAN, Bogor - Sampoerna Retail Community (SRC) menggelar Pesta Retail Bogor yang serempak diadakan di 15 kota se-Indonesia. Stadion Pakansari menjadi pilihan lokasi untuk merayakan kesuksesan toko kelontong atas berbagai kontribusinya dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

Salah satu dari rangkaian acara tersebut Pesta Retail Bogor di Stadion Pakansari itu SRC menghadirkan Jhony Iskandar, Orkes Nunung, Bebizie, dan Wika Salim yang berhasil menghadirkan hingga 12.000 pengunjung dan didukung berbagai elemen masyarakat di Bumi Tegar Beriman.

PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) yang merupakan anak perusahaan PT HM Sampoerna Tbk secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong melalui SRC. Upaya ini terbukti dengan Pesta Retail Bogor di Stadion Pakansari yang memberikan dampak positif khususnya dalam menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM. 

Baca Juga : Salurkan Bantuan Rp500 Juta, Bima Arya Ngaku Siap Bantu Cianjur

Kini, terdapat lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC dan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar lebih berdaya saing. Dengan demikian, mereka siap bersaing sesuai kebutuhan zaman dan turut mendukung perekonomian Indonesia. 

"Kami mengapresiasi pada para pelaku UMKM dalam kesempatan tersebut. PT HM Sampoerna Tbk berkomitmen untuk terus membantu pengembangan toko kelontong dengan cara memberikan pendampingan dan edukasi aplikasi digital, untuk mempermudah para pelaku UMKM khususnya toko kelontong untuk menjalankan usahanya agar mendapatkan hasil yang lebih baik,” kata Head of Zone Jakarta PT HM Sampoerna Tbk Henny Susanto kepada wartawan, Senin 5 Desember 2022.

Pesta retail di seluruh Indonesia ini juga didukung oleh pemerintah daerah setempat. Pesta Retail Bogor dihadiri oleh Kepala Bidang UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, Tatang yang memberikan dukungan sepenuhnya bagi kemajuan toko kelontong di Indonesia.

Baca Juga : Belanja dan Main Ice Skating di CCM Bogor, Berhadiah Mobil Honda HR-V

“Kami menyambut dengan bangga Pesta Retail Bogor yang mendukung program pemerintah dalam pengembangan UMKM, dan terus konsisten memberikan pendampingan yang berkelanjutan agar toko kelontong dapat mengikuti perkembangan zaman. Kami berterima kasih kepada paguyuban SRC yang sudah saling berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada toko kelontong lain untuk berkontribusi memajukan UMKM,” ucap Tatang.

Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana Sudrajat menyatakan terima kasih atas perjuangan pelaku UMKM dan retail yang telah menciptakan keseimbangan, sehingga perekonomian di Kabupaten Bogor tidak jatuh saat ekonomi terganggu di situasi pandemi Covid-19.

“Karena yang dilakukan UMKM sangat membantu dan menggerakkan ekonomi, termasuk toko kelontong yang menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok di lingkungannya,” papar. Asep Mulyana Sudrajat.

Baca Juga : Belanja dan Main Ice Skating di CCM Bogor, Berhadiah Mobil Honda HR-V

Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk. Ivan Cahyadi menuturkan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. 

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” tutur Ivan Cahyadi.

Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan menjelaskan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia. 

Baca Juga : 10 Rumah Rusak Berat di Bojong Koneng Batal Direlokasi

“Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” sambungnya.

Ivan  Cahyadi menambahkan, pihaknya terus komitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan.

Direktur PT SRCIS Rima Tanago menjelaskan, Pesta Retail Bogor akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Bogor dan sekitarnya. 

Baca Juga : Pekan HAM 2022 Kota Bogor Dibuka Dengan Peringatan Hari Disabilitas Internasional 

“Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” jelas Rima.

Kegiatan akbar ini, lanjut Rima, diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada. Serta memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi. Oleh karena itu, selama Pesta Retail berlangsung, para pedagang Toko Kelontong SRC dipacu untuk mengeksplorasi berbagai inovasi demi kemajuan bisnisnya. 

“Pesta retail ini akan menjadi momentum bagi toko kelontong SRC untuk membuktikan kemampuannya sebagai toko serba bisa yang menjadi andalan bagi kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan produk digital,” harapnya.*** (reza zurifwan)

Baca Juga : Imbas Longsornya Pondasi Jembatan Cikereteg, Polres Bogor Lakukan Rekayasa Lalu Lintas


Editor : donramdhani