Tahun Baru Imlek, Ini Makanan Pembawa Rezeki

INILAH, Jakarta - Perayaan Imlek tak lepas dari sajian lezat tapi penuh filosofi. Apa saja yah?

Tahun Baru Imlek, Ini Makanan Pembawa Rezeki
ilustrasi

INILAH, Jakarta - Perayaan Imlek tak lepas dari sajian lezat tapi penuh filosofi. Apa saja yah?

Tidak cuma mengenyangkan perut, makanan-makanan yang wajib disajikan saat Imlek adalah simbol keberuntungan yang diharap bakal mewarnai hidup sepanjang tahun.

Berikut ini, sejumlah makanan yang terhidang selama Imlek, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Selasa.

Pertama adalah jeruk. Buah jeruk dalam bahasa Mandarin punya arti keberuntungan atau kebahagiaan. Jeruk dianggap sebagai buah yang bisa tumbuh subuh sepanjang tahun, diharapkan keberuntungan juga ada sepanjang waktu.

Tuan rumah yang kediamannya dikunjungi saat Imlek biasanya menyiapkan jeruk untuk diberikan pada para tamu. Jumlah yang diberikan lebih dari satu buah, dengan harapan keberuntungan dan kebahagiaan akan berlipat ganda.

Hidangan kedua adalah ikan bandeng. Makan ikan bandeng butuh kesabaran tinggi karena hidangan tersebut memiliki banyak duri. Orang yang memakan ikan bandeng dipercaya akan bisa melewati berbagai rintangan hidup selama setahun. Hidangan khas di kalangan Tionghoa di Indonesia ini juga jadi simbol keberuntungan.

Kemudian, ada kue keranjang. Kue ini punya tekstur lengket serupa dengan dodol, dipercaya bisa membuat rezeki tetap lengket dan menempel sepanjang tahun. Tekstur lengket ini juga diharapkan bisa mendekatkan hubungan antar manusia.

Halaman :


Editor : inilahkoran