Uu: Warga Harus Peduli terhadap Pencemaran Udara

Plh Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan warga Jawa Barat untuk tetap meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

Uu: Warga Harus Peduli terhadap Pencemaran Udara
Plh Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (25/07/19). (Istimewa)

INILAH, Bandung - Plh Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan warga Jawa Barat untuk tetap meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan meski kualitas udara Jawa Barat secara umum tergolong baik di angka 72,18.

Pasalnya, kata Uu, pertumbuhan industri, permukiman, dan infrastruktur di Jawa Barat akan semakin pesat di masa mendatang. 

"Di dalamnya tentu ada kegiatan besar komersial yang akan menghasilkan polusi, tidak hanya udara tapi juga kepadatan," kata Uu dalam acara perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (25/7/19).

Uu menambahkan, penyumbang polusi udara terbesar di Jawa Barat adalah dari kendaraan bermotor yang kini jumlahnya mencapai belasan juta unit. Adapun pertumbuhan rata-rata kendaraan bermotor di Jawa Barat mencapai 12 persen setiap tahunnya dan bisa terus meningkat.

"Penyumbang polusi terbesar masih dari kendaraan yang jumlahnya 17 juta unit tapi selain itu ada juga dari aktivitas industri, sampah semuanya ikut berkontribusi," tutur Uu.

Dia pun menyambut baik langkah pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian yang rencananya akan memberlakukan aturan penggunaan kendaraan listrik di kota besar.

"Saya menyambut baik pemerintah pusat akan mengeluarkan kebijakan untuk kendaraan listrik agar tidak ada polusi," ucap Uu.

Halaman :


Editor : suroprapanca