• Kamis, 23 September 2021

Waduh, Ponsel Bos Amazon Disadap Arab Saudi?

- Kamis, 4 April 2019 | 21:00 WIB
CEO Amazon, Jeff Bezos
CEO Amazon, Jeff Bezos

INILAH, Jakarta- Tim penyidik khusus yang direkrut langsung oleh CEO Amazon Jeff Bezos menduga bahwa ponsel pribadi milik bos besar Amazon itu telah disadap oleh Arab Saudi. Bahkan, beberapa informasi pribadi di dalamnya telah dicuri.
 
Kecurigaan Bezos berawal dari terkuaknya pesan singkat tentang hubungan pribadinya dengan aktris Lauren Sanchez yang bocor ke beberapa media massa. Sejumlah foto dan pesan pribadi mereka pun terpampang di beberapa tabloid.
 
Gavin de Becker, penyidik khusus yang disewa Bezos mengaitkan peretasan ponsel pribadi Bezos dengan pemberitaan pembunuhan Jamal Khashoggi, reporter Washington Post, yang tak lain adalah perusahaan media milik Bezos.
 
"Penyelidik dan beberapa ahli kami menyimpulkan dengan sangat yakin bahwa Saudi telah mengakses ponsel Bezos dan mengumpulkan informasi pribadi," kata de Becker, seperti dilansir CNET.
 
Dia mengatakan telah menunjukan bukti yang telah mereka temukan ke otoritas AS. Dugaan peretasan ini muncul dua bulan setelah Bezos menuding induk perusahaan media American Media Inc (AMI), pemilik media The National Enquirer yang diduga melalukan pemerasan.
 
AMI disebut mengancam Bezos untuk membeberkan foto intimnya dengan Lauren Sanchez, kecuali ia mau mengatakan bahwa AMI tidak ditekan oleh kepentingan politik.
 
Setelah foto-foto intimnya beredar di media massa, Bezos mengatakan bahwa ia dan istrinya, MacKenzie Bezos akan bercerai setelah 25 tahun menikah.
 
Pengumuman itu hanya berselang beberapa jam setelah The National Enquirer menerbitkan pesan-pesan pribadi Bezos dan Sanchez.
Kendati demikian, de Becker belum mengetahui pasti, seberapa banyak AMI telah mengetahui tentang tudingan peretasan oleh Saudi.
 
Perwakilan AMI menyebut bahwa klaim de Becker keliru dan tidak substansial. Mereka mengatakan bahwa adik Lauren Sanchez, yakni Michael, adalah sumber tunggal AMI untuk memperoleh informasi tentang hubungan Bezos dan Sanchez. "Tidak ada keterlibatan oleh pihak ketiga atau yang lainnya," ujar perwakilan AMI.
 
AMI juga mengatakan akan menginvestigasi klaim Bezos. Sementara de Becker juga mengatakan pemerintah Arab Saudi memang berniat menyerang Bezos sejak Oktober lalu, ketika Washington Post tak henti-hentinya memberitakan pembunuhan Kashoggi.
 
Di sisi lain, pemerintah Arab Saudi mengaskan bahwa Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman, tidak terlibat dalam pembunuhan Kashoggi.

Editor: inilahkoran

Terkini

Pelaku Jambret Bocah Viral di Medsos Dibekuk

Selasa, 16 Februari 2021 | 10:40 WIB

Masalah Warisan, Anak Tega Teriaki Sang Ayah 'Maling'

Senin, 10 Agustus 2020 | 11:40 WIB

Wow, TikTok Rekrut Ribuan Karyawan di Amerika

Rabu, 22 Juli 2020 | 12:20 WIB

Bagaimana Tubuh Kita Sendiri Melawan Covid-19

Kamis, 2 April 2020 | 08:08 WIB

Masjid Paling Dalam di Dunia Ada di Papua

Selasa, 31 Maret 2020 | 03:44 WIB

LEMURIA, Nenek Moyang Nusantara yang Hilang

Senin, 9 Maret 2020 | 09:03 WIB
X