• Rabu, 22 September 2021

Dua Kera Kloning Dilahirkan: Ilmuwan Cina Dobrak Hambatan Kloning pada Primata

- Kamis, 13 Februari 2020 | 14:48 WIB
Zhong Zhong dan Hua Hua, dua kera ekor panjang yang identik
Zhong Zhong dan Hua Hua, dua kera ekor panjang yang identik

Ilmuwan Cina telah mengkloning monyet menggunakan teknik yang sama dengan kloning domba Dolly dua dekade yang lalu. Akankah keberhasilan ini menjadi pendobrak hambatan teknis untuk kloning manusia?

Zhong Zhong dan Hua Hua, dua kera ekor panjang yang identik, lahir delapan dan enam minggu yang lalu, menjadikan mereka primata pertama –urutan mamalia yang mencakup monyet, kera, dan manusia– untuk dikloning dari sel non embrio.

Proses ini dicapai melalui teknik yang disebut “transfer nuklir sel somatik” (SCNT), yang melibatkan pengalihan inti sel, termasuk DNA-nya, ke dalam sel telur yang telah melepaskan nukleusnya.

Periset di Chinese Academy of Sciences Institute of Neuroscience di Shanghai mengatakan, pekerjaan mereka harus menjadi anugerah penelitian medis dengan memungkinkan studi penyakit pada populasi monyet yang seragam secara genetis. Tapi itu juga, ujar periset tersebut, membawa kelayakan kloning ke ambang pintu spesies kita sendiri.

“Manusia adalah primata. Jadi (untuk) kloning spesies primata, termasuk manusia, penghalang teknisnya sekarang telah dipecahkan,” ujar Muming Poo, yang membantu mengawasi program di institut tersebut, kepada wartawan dalam sebuah konferensi telepon.

Pertama di Dunia, Ilmuwan Cina Sukses Kloning Monyet. Sains … Hipwee640 × 369Search by image Dua monyet hasil kloning ini dilahirkan dari pengembangan teknik yang paling mutakhir

“Alasannya… kita mendobrak penghalang ini adalah untuk menghasilkan model hewan yang berguna untuk pengobatan, untuk kesehatan manusia. Tidak ada niat untuk menerapkan metode ini pada manusia,” ujarnya seolah membaca kecemasan sebagian pihak.

Dua bayi kera yang baru lahir itu sekarang diberi susu botol dan tumbuh normal. Para periset mengatakan bahwa mereka mengharapkan lebih banyak klon kera untuk dilahirkan dalam beberapa bulan mendatang.

Halaman:

Editor: baconick

Terkini

Pelaku Jambret Bocah Viral di Medsos Dibekuk

Selasa, 16 Februari 2021 | 10:40 WIB

Masalah Warisan, Anak Tega Teriaki Sang Ayah 'Maling'

Senin, 10 Agustus 2020 | 11:40 WIB

Wow, TikTok Rekrut Ribuan Karyawan di Amerika

Rabu, 22 Juli 2020 | 12:20 WIB

Bagaimana Tubuh Kita Sendiri Melawan Covid-19

Kamis, 2 April 2020 | 08:08 WIB

Masjid Paling Dalam di Dunia Ada di Papua

Selasa, 31 Maret 2020 | 03:44 WIB

LEMURIA, Nenek Moyang Nusantara yang Hilang

Senin, 9 Maret 2020 | 09:03 WIB
X