• Selasa, 26 Oktober 2021

Masjid Paling Dalam di Dunia Ada di Papua

- Selasa, 31 Maret 2020 | 03:44 WIB

Berada di kedalaman perut Bumi hampir dua kilometer selama berminggu-minggu bukan perkara mudah bagi psikis seseorang. Inilah yang dialami ribuan karyawan PT Freeport yang bekerja di tambang bawah tanah. Keberadaan rumah ibadah yang menyejukkan tentu diperlukan.

Perusahaan inipun kemudian membangun rumah ibadah di kedalaman 1.760 meter dengan mengandalkan dua ahli, seorang arsitek dan ahli struktur. Khusus masjid yang diberi nama Masjid Baabul Munawwar diresmikan pada Juni 2016.

Berlokasi di Tembagapura, Kota Timika, kedua rumah ibadah yang berada di bawah tambang terbuka Grasberg ini boleh dibilang merupakan rumah ibadah terdalam yang ada di dunia. Setidaknya pengakuan tersebut telah diberikan Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) pada 2017, baik untuk Masjid Baabul Munawwar maupun Gereka Oikumene Soteria.

Namanya juga berada di perut Bumi, banyak tantangan yang harus dihadapi termasuk kemungkinan munculnya gas beracun. Karenanya rumah ibadah yang mirip gua batu ini dilengkapi alat yang bisa menyedot udara kotor ke luar ruangan; sistem sirkulasi udara yang secara canggih diterapkan di seluruh area tambang bawah tanah Freeport.

Dikutip dari laman Kompas, lokasi masjid dan gereja dibuat berdampingan. Mereka hanya dipisahkan oleh area berwudu bagi karyawan Muslim yang hendak salat. Masjid Baabul Munawwar dikatakan mampu menampung sekitar 250 jamaah.

Jumlah tersebut merupakan bagian dari sekitar 4.000 karyawan yang bekerja di tambang bawah tanah ini. Sebanyak 80% karyawan di divisi bawah tanah ini, menurut Freeport, adalah anak-anak muda fresh graduate berumur di bawah 40 tahun.

Di bulan Ramadan, karyawan juga melaksanakan salat tarawih di sini. Seorang karyawan departemen konstruksi tambang Deep Mill Level Zone (DMLZ) Freeport bernama Teguh, seperti dilansir Kumparan, menyebutkan, saat Ramadan, setiap karyawan Muslim akan didata, agar saat buka puasa tiba mereka bisa menghentikan aktivitasnya untuk berbuka.

“Berbuka bersama dalam suasana seperti ini terasa unik. Karena bagaimana pun kami ada ratusan meter dari permukaan tanah,” kata Teguh.

Freeport mengklaim, tambang bawah tanah mereka merupakan tambang bawah tanah dengan teknologi paling tinggi di dunia. Lokasi tambang bawah tanah ini berada persis di bawah tambang Grasberg yang legendaris.

Halaman:

Editor: baconick

Terkini

X