• Minggu, 5 Desember 2021

Heboh Miss World Malaysia Dihujat Netizen Indonesia Gegara Batik, 'Hobi Bener Ngaku-ngaku'

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:43 WIB
 Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji dihujat netizen Indonesia. (Instagram/@lavanyasivaji)
Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji dihujat netizen Indonesia. (Instagram/@lavanyasivaji)

INILAHKORAN, Bandung - Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji dihujat netizen Indonesia usai mengunggah sebuah foto di Instagramnya.

Dalam keterangan fotonya, Lavanya Sivaji menyebut bahwa kain batik yang dikenakannya adalah buatan Malaysia.Namun, ucapan tersebut justru menuai komentar pedas dari Indonesia.

"Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia," ucap Lavanya Sivaji.

Baca Juga: Keselamatan Inisial A Mantan Pacar Kim Seon Ho Terancam, Pengacara Tempuh Jalur Hukum

Unggahan itu pun langsung dipenuhi komentar dari netizen Indonesia. Bahkan, ada beberapa netizen yang menyebut dirinya tak paham bahwa batik.

Seperti diketahui, Batik Indonesia telah resmi diakui UNESCO dan masuk ke dalam daftar Representatid sebagai Budaya  Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity).

"Seorang Miss itu harus pintar agar bisa merepresentasikan negaranya dengan baik, maka dia harus tau sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara lain. Belajar lagi yok biar pintar," kata netizen @budadorce.pageant.

"Bisa gak sih sekali aja jangan claim hak milik negara lain. Hobby bener ngaku2. Seluruh dunia tau batik itu cuma milik indonesia. Malu lah," kata @dhie.samudera.

Baca Juga: Unik Banget Nih! Karakter Mickey Mouse Menyatu dengan Batik Garut...

Setelah ucapannya itu mendapat hujatan dari netizen, Lavanya Sivaji akhirnya menyampaikan klarifikasi. Ia mengakui bahwa batik berasal dari Indonesia.

Akan tetapi, ia berdalih bahwa negara lain seperti Malaysia juga punya namun sudah dimodifikasi ulang dengan corak yang berbeda.

"Aku minta maaf dan aku mengakui bahwa Batik adalah dari Jawa, Indonesia. Namun, tidak sedikit negara lain yang mempraktekkan unsur budaya tersebut antara lain Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motifnya masing-masing. Baik itu Malaysia, Indonesia atau negara lain, saya akan selalu merasa bangga memakai Batik," jelas Lavanya.

Baca Juga: China Dikecam Habis-habisan Lantaran Diduga Jiplak 'Squid Game'

Lavanya juga mengubah keterangan foto di unggahan yang menuai hujatan dari netizen Indonesia tersebut.***(Firda Rachmawati)

 
 

Editor: Bsafaat

Artikel Terkait

Terkini

X