• Senin, 24 Januari 2022

Akun Instagram Kemensos Diserang Netizen Usai Mensos Risma Paksa Tuna Rungu Bicara

- Jumat, 3 Desember 2021 | 10:56 WIB
Instagram Kemensos diserbu netizen usai mensos Risma paksa tuna rungu bicara di depan umum (GALIH PRADIPTA)
Instagram Kemensos diserbu netizen usai mensos Risma paksa tuna rungu bicara di depan umum (GALIH PRADIPTA)

INILAHKORAN, Bandung - Baru-baru ini Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali menjadi sorotan publik usai dirinya memaksa tuna rungu untuk berbicara di acara peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 yang digelar pada Rabu 1 Desember 2021.

Dalam video yang beredar di media sosial, tindakan Risma dikritik oleh perwakilan Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Stefanus.

"Saya mau berbicara dengan ibu sebelumnya, bahwasannya anak tuli itu memang menggunakan alat bantu dengar tetapi tidak dipaksa untuk berbicara," ujar Stefanus melalui juru bicara bahasa Isyarat Kemensos dikutip Inilahkoran dari YouTube Kemensos RI, Jumat 3 Desember 2021.

Baca Juga: Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan ke Yayasan ODGJ Tambun

Stefanus mengaku kaget saat Risma memaksa penyandang disabilitas rungu berbicara memakai pengeras suara.

Menanggapi kritik tersebut, Risma langsung menghampiri Stefanus. Risma mengatakan alasan dirinya meminta penyandang disabilitas untuk berbicara adalah salah satu upaya agar kemampuan bicara di depan umum mereka terlatih.

"Ibu tidak mengurangi bahasa isyarat. Tapi Stefan kamu tahu, Tuhan memberikan mulut, memberikan telinga, memberikan mata kepada kita. Yang ingin ibu ajarkan terutama anak-anak yang dia menggunakan alat bantu dengar sebetulnya tidak mesti dia bisu," kata Risma.

Baca Juga: Lima Sembuh, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Menurun

Risma juga mengakui bahwa dirinya memang memaksa penyandang disabilitas rungu untuk berbicara di depan umum dengan alasan memaksimalkan pemberian Tuhan.

Halaman:

Editor: Firda Rachmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X